Berita Nasional Terpercaya

Anak Muda Masa Kini, Inilah Rahasia Memilih Jurusan dan Universitas. Jangan Sampai Salah Kaprah!

0

Bernas.id ? Selain menentukan jurusan, pilihan universitas menjadi hal terpenting bagi calon mahasiswa. Karena dua hal tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan dan minat kita terhadap suatu bidang yang akan kita dalami. Sebagian besar siswa yang telah lulus SMA, akan mengambil program studi sesuai dengan jurusan sebelumnya. Bahasa tren-nya anak IPA akan lanjut di bidang tersebut. Begitu juga dengan anak IPS akan mengambil jurusan di bidang itu juga. Padahal tidak harus seperti itu. Kita bisa melakukan lintas jurusan, dengan catatan kita harus menekuni bidang yang akan kita ambil. Berikut ini rahasia memilih jurusan dan universitas yang bisa kalian terapkan sebagai calon mahasiswa:

Kenali Potensi Diri!

Sebelum mengambil jurusan, sebaiknya pahami potensi pada diri kita. Hal ini meliputi kemampuan serta keminatan kita terhadap sesuatu. Jangan sampai mengikuti orang lain dalam mengambil jurusan, apalagi jika ada paksaan. Seseorang pasti memiliki potensi dan kemampuan. Meskipun kemampuan belum kita kuasai, setidaknya ada potensi dan keminatan pada diri kita. Oleh karena itu melanjutkan ke perguruan tinggi itulah upaya untuk mengembangkan minat serta potensi diri. Potensi itu berhubungan dengan jurusan atau program pendidikan yang akan kita ambil. Jika jurusan sesuai dengan potensi, peluang untuk sukses akan lebih besar. Karena kita melakukan kegiatan sesuai dengan potensi dan minat yang kita miliki.

Pikirkan Prospek Kerja!

Selain memilih jurusan di perguruan tinggi, kita juga harus memikirkan prospek kerjanya. Bukankah kuliah merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan pekerjaan? Selain untuk menambah ilmu, menentukan jurusan akan berpengaruh pada pekerjaan. Di masyarakat Indonesia jumlah sarjana cukup tinggi, tetapi tidak sedikit juga jumlah sarjana yang menganggur. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak memikirkan prospek kerjanya. Selain itu banyak juga sarjana yang mendapat pekerjaan tidak sesuai dengan bidangnya. Oleh sebab itulah pikirkan matang-matang untuk melangkah mengambil jurusan. Biaya kuliah tidak sedikit, jika pada akhirnya pekerjaan kita tidak sesuai harapan, sayang, kan?

Cari Universitas yang Tepat!

Setelah menentukan jurusan dengan prospek kerja yang kita inginkan, langkah selanjutnya yaitu memilih perguruan tinggi yang terdapat program studi yang kita inginkan. Jangan hanya terpaku pada perguruan tinggi negeri, karena belum tentu perguruan tinggi swasta kualitasnya tidak lebih dari perguruan tinggi negeri. Untuk menentukan kualitas suatu perguruan tinggi, bisa juga dengan melihat alumni lulusan dari perguruan tinggi tersebut. Satu lagi, cari universitas yang tidak hanya memberikan teori, juga praktik langsung dari ilmu yang diberikan. Seperti Universitas Mahakarya Asia yang ada di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja yang merupakan penggabungan empat perguruan tinggi di Indonesia sehingga memiliki program studi yang beragam, terutama di jurusan untuk mengantarkan mahasiswa menjadi pengusaha. Biaya kuliah di UNMAHA juga relatif terjangkau. Selain itu juga berkesempatan meraih beasiswa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.