Berita Nasional Terpercaya

Moeldoko: Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru Sedang Disusun, Daerah Mulai Relaksasi PSBB

0

BERNAS.ID – Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko menyampaikan Pemerintah sedang menyusun protokol adaptasi kebiasaan baru (new normal) lebih rinci untuk sektor usaha, tempat kerja, publik, lembaga pendidikan, maupun tempat ibadah. 

?Semua kementerian sudah menyiapkannya dengan baik dan berkonsultasi dengan Kementerian Kesehatan agar sesuai dengan protokol yang ditetapkan,” ungkapnya, kemarin Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, relaksasi atau pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Pemerintah enggan terburu-buru mengumumkan suatu wilayah benar-benar aman mengingat mobilitas manusia tak bisa dihentikan. 

“Penentuan relaksasi ini juga tidak serta merta oleh pemerintah pusat. Tapi merupakan kesepakatan dengan kepala daerah masing-masing,” ujar Moeldoko. 

Mantan Panglima TNI itu menyebutkan Presiden Joko Widodo setiap pekan melaksanakan evaluasi perkembangan Covid-19 di seluruh wilayah. Hal itu menjadi parameter untuk menentukan zona sesuai penyebaran kasus Covid-19 dan penanganannya. 

Pemerintah daerah akan melakukan simulasi untuk sektor strategis. Misalnya DKI Jakarta sedang menjalani masa transisi atau prakondisi new normal supaya masyarakat benar-benar siap saat nantinya sudah mencapai zona hijau. Kuncinya, masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

“Intinya protokol kesehatan yang ketat untuk terus diterapkan, sehingga tatanan normal baru akan dapat diterapkan ke semua sektor dan wilayah,” tandasnya. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.