Berita Nasional Terpercaya

Cara Membuat Wedang Jahe Sereh

0

BERNAS.ID – Selain teh hangat, wedang jahe sereh juga bisa menjadi pilihan minuman yang menghangatkan tubuh di cuaca yang terkadang tak menentu.

Tidak hanya menghangatkan, campuran jahe dan sereh juga sangat baik untuk mengatasi masalah kesehatan seperti pilek, sakit kepala sampai menghilangkan rasa nyeri di bagian sendi dan otot. Aroma sereh yang memikat juga bermanfaat untuk merelaksasi pikiran. Kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri pada sereh bermanfaat untuk menyembuhkan infeksi pada usus, lambung dan saluran kemih. Sedangkan senyawa analgesik yang ada pada tanaman sereh berfungsi sebagai penghilang rasa sakit dan nyeri di bagian kepala, otot maupun persendian.

Jahe dan sereh merupakan tanaman obat yang mudah Anda dapatkan di pasar tradisional ataupun di swalayan terdekat. Berikut bahan dan cara membuat wedang jahe sereh :

Bahan :
– 2/3 ruas jahe (memarkan)
– 5 batang sereh (memarkan)
– 4 sdm gula pasir
– 2 sdm gula jawa
– 5 gelas air

Cara Membuat :
1. Bersihkan jahe dan batang sereh dari kotoran maupun tanah yang masih menempel dengan menggunakan air bersih.
2. Rebus air hingga mendidih. Masukkan jahe dan batang sereh ke dalamnya dan rebus hingga matang. Untuk mendapatkan rasa jahe dan sereh yang lebih kuat, rebuslah lebih lama hingga air berkurang menjadi 2 atau 3 gelas.
3. Tambahkan gula pasir dan gula jawa, aduk rata hingga larut.
4. Jika sudah larut, matikan kompor dan saring.
5. Tuang ke dalam gelas saji dan sajikan selagi hangat. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.