Berita Nasional Terpercaya

Jangan Lakukan Ini, Jika Ingin Usaha Anda Bertahan dan Berkembang!

0

Bernas.id ? Bisnis dan pengusaha adalah pasangan yang tak bisa dilepaskan. Adanya bisnis yang berkembang, itu karena ada pengusaha yang bekerja maksimal. Indonesia masih tergolong kecil angka pengusaha dibandingkan negara maju seperti China dan Jepang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika Indonesia mampu menjadi negara maju yang tingkat pengusahanya tinggi.

Menjadi pengusaha bukanlah hal yang mudah. Bahkan tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Pengusaha itu adalah passion yang bisa dipelajari. Oleh sebab itu belakangan ini bermunculan pengusaha pemula yang berbondong-bondong merintis usaha.

Beberapa dari mereka  berhasil menjadi pengusaha yang ditandai dengan berkembangnya bisnis yang mereka rintis. Namun, tidak sedikit juga yang gagal hingga bangkrut karena mencoba menjadi pengusaha. Dalam dunia bisnis, kebangkrutan adalah hal yang sangat wajar. Namun, jika pengusaha memperhatikan beberapa hal berikut ini, maka akan meminimalisir prosentasi kebangkrutan. Paling tidak bisnis mampu bertahan, mengingat sekarang ini persaingan dalam bisnis begitu ketat.

Berikut beberapa hal yang perlu dihindari agar bisnis yang kita rintis bisa bertahan dan berkembang.

1. Coba-Coba

Untuk memulai bisnis sebaiknya jangan pernah berniat untuk mencoba. Sesuatu yang dilakukan separuh hati, hasilnya pun tidak akan maksimal. Mencoba boleh, asal gali terlebih dulu pengetahuan tentang suatu bidang bisnis. Cari kelebihan dan kekurangannya, sehingga ketika mengalami surut kita sudah siap dan mampu mengantisipasinya.

Jika masih bingung ketika mencari peluang usaha, mulailah dari bidang yang kalian kuasainya. Karena dengan begitu kita juga akan mudah untuk mengembangkan usaha.

2. Tidak Fokus

Ingin memiliki banyak bidang usaha tidak masalah, asalkan kalian bisa fokus di semuanya. Namun, jika belum bisa fokus di beberapa bidang usaha, sebaiknya jalankan satu bidang usaha saja. Jika pengusaha fokus, hasil tidak akan menghianati usaha.

Dalam hal ini fokus juga berarti tidak memberikan tanggung jawab sepenuhnya kepada karyawan. Alangkah baiknya kita sendiri juga ikut terjun guna menutup kekurangan sehingga bisnis pun berjalan lancar.

3. Tidak Berinovasi

Kita tahu persaingan dunia bisnis semakin ketat. Sebuah perusahaan yang berkembang pesat, maka akan bermunculan perusahaan lain dengan bidang usaha yang sama. Biasanya yang terjadi, perusahaan peniru akan menurunkan grade suatu produk sehingga memungkinkan menarik konsumen perusahaan yang telah berkembang tersebut. Oleh sebab itu seorang pengusaha dituntut untuk selalu berinovasi, menciptakan produk baru atau mengkombinasi produk yang sudah pernah diproduksi. Jika tidak mau berinovasi, lama kelamaan akan tergerus dan bisa jadi posisinya direbut oleh perusahaan lain.

4. Teknik Marketing yang Tidak Variatif

Pengusaha yang pernah sukses beberapa tahun yang lalu, belum tentu bisa bertahan kesuksesannyadi zaman sekarang. Perubahan zaman menjadi era digital menuntut sebagian besar orang untuk mengikuti perkembangannya, tak terkecuali bagi pengusaha.

Era digital telah memberikan kemudahan dalam berbisnis bagi siapa saja yang bisa memanfaatkannya. Agar usaha kita bertahan, alternatif yang bisa dilakukan yaitu menerapkan teknik pemasaran secara digital.

 

Untuk memperdalam pengetahuan digital marketing, bergabunglah dalam mentoring digital marketing yang diselenggarakan oleh Bernas Group. Belajar dari orang yang telah andal, memberi peluang besar atas kesuksesan kita. Tunggu apa lagi, segera gabung untuk kesuksesan bisnis Anda!

Leave A Reply

Your email address will not be published.