Berita Nasional Terpercaya

Ikuti Hiruk Pikuk Seputar RUU HIP, Begini Cuitan SBY di Twitter

0

BERNAS.ID – Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut mengikuti pro kontra usulan Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang dibuat Dewan Perwakilan Rakyat. Rupanya, ia mencermati informasi seputar RUU HIP namun enggan memberikan pendapat dan memilih untuk menyimpannya sendiri supaya keadaan politik tidak semakin panas. 

SBY pun memberikan pesan-pesan melalui Twitter, Selasa (23/6/2020). Begini cuitan SBY yang berhasil dihimpun Bernas.Id: 

“Saya mengikuti hiruk pikuk sosial & politik seputar RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP). Saya juga sudah membaca & mengkaji RUU tsb. Tentu ada pendapat & tanggapan saya. Namun, lebih baik saya simpan agar politik tak semakin panas *SBY*,” cuit SBY di Twitter, Selasa (23/6/2020).

Ia berpesan agar berhati-hati mulai dari berpikir hingga merancang sesuatu yang berkaitan dengan ideologi negara. Menurutnya, jika keliru tentu dampaknya begitu besar karena berkaitan dengan kehidupan bernegara. 

“Kita harus sungguh berhati-hati jika berpikir, berbicara & merancang sesuatu yg berkaitan dgn ideologi & dasar negara Pancasila. Apalagi jika menyentuh pula kerangka & sistem kehidupan bernegara. Kalau keliru, dampaknya sangat besar *SBY*,”  tulisnya dengan akun Twitter resmi @SBYudhoyono. 

SBY yang pernah memimpin Republik Indonesia selama 10 tahun itu berharap jangan sampai ada perpecahan bangsa yang baru karena adanya perubahan ideologi negara.

“Memposisikan ideologi harus tepat & benar. Ingat, proses “nation building” & “consensus making” yg kita lakukan sejak tahun 1945 juga tak selalu mudah. Jangan sampai ada “ideological clash” & perpecahan bangsa yg baru. Kasihan Pancasila, kasihan rakyat *SBY*,” sambungnya. 

Usulan RUU HIP memang memicu pro dan kontra lantaran berkaitan dengan ideologi negara yang sudah ada sejak tahun 1945. Setelah mendapat masukan dari berbagai pihak, Pemerintah pun memilih menunda pembahasan RUU HIP, lagi pula sedang dihadapkan dengan situasi pandemi Covid-19. DPR juga diminta untuk menyerap aspirasi maupun kritik dari berbagai pihak terkait RUU HIP. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.