Berita Nasional Terpercaya

Hai Pengusaha Muda, Ini Ada 3 Cara Mudah untuk Mencari Ide Bisnis

0

Bernas.id – Apakah kamu termasuk anak muda yang bercita-cita memiliki usaha sendiri dibandingkan bekerja di perusahaan orang lain? Mungkin kamu ingin membuka kedai kopi atau gerai makanan kekinian atau mungkin malah memiliki butik sendiri? Jika iya, apa sih kesulitan yang dihadapi ketika memulai bisnis untuk kali pertama?

Selain soal modal, lokasi usaha, hingga kendala operasional menjadi ada kendala lain yang mungkin lebih dulu datang yaitu mencari ide bisnis.

Nah, berikut ini ada 3 cara mudah mencari bisnis untuk calon pengusaha muda seperti kamu.

1.Lakukan Riset dan Analisis Tren

Pondasi utama ketika akan mencari ide bisnis adalah melakukan riset dan analisis tren. Bagaimana melakukan riset dan analisis tren?

Pertama, kamu bisa menyebarkan kuesioner kepada target market kemudian mengolahnya menjadi data yang mampu mendukung bisnis kamu kelak.

Selanjutnya, amatilah bisnis apa saja yang sedang naik daun saat ini. Bisnis makanan kekinian? Oleh-oleh? kedai kopi? Bisnis coworking space?

Jangan lupa untuk menganalisis potensi bisnis yang hendak kamu jalani. Pikirkan apakah bisnis tersebut bisa bertahan lama, di mana lokasu usahanya, bagaimana saingannya, berapa jumlah modal yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

2.Memulai Bisnis dari Hobi

Jika bingung mencari ide bisnis maka kamu bisa memulai dari apa yang kamu sukai alias hobi. Kamu bisa mengidentifikasi hobi atau kebiasaan yang kamu lakukan dan sukai. Jika senang menulis, tawarkan jasa kepada klien yang membutuhkan artikel, teks iklan, naskah film, dan sebagainya.

Jika senang memasak? Cobalah untuk membuka katering rumahan. Tawarkan masakan kepada tetangga, teman kantor, atau promosikan di media sosial. Senang mendesain? Kamu bisa membuka jasa pembuatan desain atau logo. Dari hobi bisa menjadi bisnis potensial, lho.

3.Belajar dari Banyak Sumber

Apa pun yang sedang kamu lakukan, jangan pernah berhenti belajar, termasuk belajar ilmu bisnis. Hal-hal di sekitar kamu pasti memiliki banyak potensi untuk diajdikan sumber pembelajaran bisnis. Di YouTube misalnya, tinggal search materi bisnis dan kamu bisa belajar dengan mudah, juga gratis.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai seminar bisnis yang diadakan. Kamu bisa belajar dari pengusaha yang sudah lebih dulu sukses atau berguru pada mentor bisnis.

Jangan sungkan untuk selalu mengupgrade ilmu terutama soal bisnis, termasuk ilmu digital marketing. Jika kamu ingin belajar tentang strategi mendapatkan uang lewat digital marketing kamu bisa belajar di https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing . Di situ kamu akan dilatih untuk meningkatkan income hingga belasan juta rupiah. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.