Berita Nasional Terpercaya

Peran Masyarakat! Tanggap Darurat Pandemi Covid-19 di DIY Diperpanjang Hingga Akhir Juli

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) telah memutuskan untuk memperpanjang status tanggap darurat pandemi Covid-19 hingga 30 Juli 2020. Alasannya, masyarakat belum disiplin menaati protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. 

“Bahwa dari (hasil) rapat menyepakati status tanggap darurat kita perpanjang sampai 30 Juli. Tentu perpanjangan ini ada tujuan dan juga ada catatan-catatan yang mengemuka di rapat tadi,” ungkap Wakil Ketua Sekretariat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 DIY Biwara Yuswantana usai mengikuti rapat di Gedhong Pracimosono, kompleks Kantor Gubernur DIY, Kamis (25/6/2020).

Menurutnya, kedisplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan itu harus ditingkatkan. Masih diperlukan edukasi, sosialisasi maupun patroli untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Penerapan protokol kesehatan sangat penting sebelum diterapkan new normal. Apalagi pihaknya tengah mempersiapkan pembukaan aktivitas ekonomi di tempat wisata, hotel maupun tempat perbelanjaan.

“Antara lain memang aktivitas di tempat publik menurut pengamatan dari kami, jadi dari Bidang Gakkum, dari Polda dari TNI menyatakan masih banyak masyarakat yang belum menaati disiplin seperti memakai masker, jaga jarak dan sebagainya belum dilakukan secara taat,” demikian dikutip Bernas.Id. 

Lebih lanjut, pasien positif Covid-19 di DIY bertambah 7 orang pada Kamis (25/6/2020). Sehingga jumlah pasien yang positif terinfeksi virus corona menjadi 299 orang. Ada pula tambahan pasien yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 5 orang. Dengan demikian, pasien yang berhasil sembuh dari Covid-19 totalnya 247 orang. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.