Berita Nasional Terpercaya

Wapres Ingin Sempurnakan Data Kemiskinan, Ini Perintahnya

0

BERNAS.ID – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengarahkan agar dilakukan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui verifikasi secara nasional. Hal ini disampaikan saat menggelar rapat konsolidasi data kemiskinan untuk menyempurnakan data kemiskinan. 

“Dalam melakukan verifikasi lapangan ini sebaiknya dilakukan menggunakan metodologi seperti yang dilakukan BPS pada tahun 2015, termasuk dilakukannya Forum Konsultasi Publik (FKP) di tingkat desa/kelurahan,” ungkap Wapres Ma'ruf Amin di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Wapres menerangkan bahwa proses verifikasi membutuhkan data awal yang berasal dari DTKS yang akan dan data yang telah dikumpulkan berbagai daerah. Disampaikan Ma'ruf Amin, perlu mekanisme pendaftaran mandiri untuk melengkapi pemutakhiran besar tingkat nasional sekaligus menjadi alat pemutakhiran dinamis. 

Dengan mekanisme tersebut, orang yang merasa membutuhkan bantuan sosial dapat mendaftar bisa melalui aplikasi maupun datang secara langsung. 

“Sudah tentu mereka harus melalui proses verifikasi terlebih dahulu untuk bisa dimasukkan ke dalam basis data,” imbuhnya seperti dikutip Bernas.Id, Jumat (26/6/2020). 

Ia menjelaskan bahwa contoh praktik terbaik tata kelola data perlindungan sosial di negara lain adalah dengan membagi pengelolaan data perlindungan sosial menjadi social registry dan beneficiary registry. Oleh karenanya, Menko PMK dan Kepala BAPPENAS diminta untuk melakukan kajian tersebut dan melaporkannya kepada Wapres. Kendati demikian, ia menyadari perlu adanya dukungan teknologi informasi dan ketersediaan jaringan internet. 

“Saya ingin menyampaikan bahwa tersedianya jaringan internet secara bertahap ke seluruh pelosok tanah air perlu didukung,” tandas Ma'ruf Amin. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.