Berita Nasional Terpercaya

4 Tips Agar Mudik Nyaman dan Aman bagi Mahasiswa Perantau

0

Bernas.id – Di tengah situasi pandemi kuliah masih dilaksanakan secara daring demikian juga Ujian Akhir Semester, bimbingan skripsi, bahkan ujian skripsi. Berdasarkan keputusan Mendikbud, kuliah semester depan pun masih akan dilaksanakan secara daring. Keputusan itu membuat banyak mahasiswa berpikir untuk mudik atau kembali ke asal masing-masing. Hal itu wajar saja karena kebijakan new normal memang

memungkinkan mahasiswa untuk mudik dengan tetap memperhatikan protokol yang ditetapkan.

Sebelum memutuskan untuk pulang kampung dan meninggalkan kamar kos untuk jangka waktu lama, sebaiknya kamu terapkan 4 tips agar mudikmu aman dan nyaman.

1.Membuat Perencanaan Sebelum Mudik

Rumah kos bisa sangat sepi ketika masa liburan semester. Buatlah perencanaan sebelum mudik, seperti kapan kamu akan berangkat, berapa lama, barang apa saja yang akan kamu bawa, dan lain sebagainya. Sampaikan rencanamu itu ke ibu atau pemilik kos.

Jangan lupa untuk berpamitan sebelum pergi, baik kepada ibu kos maupun teman kos yang masih tinggal di kos.

2. Tinggalkan Nomor HP yang Bisa Dihubungi

Penting untuk meninggalkan nomor HP sebelum meninggalkan rumah kos atau asrama. Kamu juga bisa memberikan nomor HP orangtua atau nomor telepon rumahmu agar mudah dihubungi jika ada keadaan darurat. Nomor HP itu bisa kamu berikan kepada orang-orang yang menurutmu penting, seperti pemilik kos, satpam kos, atau penjaga kos.

3. Matikan Listrik dan Seluruh Alat Elektronik

Sebelum meninggalkan kamar kos untuk jangka waktu lama pastikan seluruh alat elektronik sudah tidak tehubung dengan listrik. Cabut semua steker atau matikan arusnya. Cek juga keran air kamar mandi  atau tabung gas jika kos mu ada fasilitas dapurnya. Pastikan kamu sudah mengantisipasi bahaya kebakaran akibat arus pendek listrik atau kebocoran gas.

4. Tips Jika Tidak Mudik

Menjadi penghuni kos yang tidak mudik juga butuh tips karena kamu akan berada di kos yang suasananya akan lebih sepi dari biasanya. Pastikan ada orang lain yang tahu jika kamu sedang berada di kos atau mau pergi ke luar kos. Jangan meninggalkan kos tanpa pemberitahuan atau berkoordinasi dengan penjaga kos. Selain itu, kamu juga bisa mengabari orang lain, seperti keluarga atau teman melalaui pesan singkat tentang keadaanmu.

Itulah keempat tips yang bisa kamu lakukan agar mudikmu nyaman dan aman. Untuk kamu yang baru mencari informasi perguruan tinggi untuk kuliah semester depan saat ini ada kampus Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.