Berita Nasional Terpercaya

PMI Respon Migran Myanmar Yang Terdampar di Aceh Utara

0

LHOKSEUMAWE, BERNAS.ID – Sebanyak 99 orang pengungsi Myanmar dari etnis Rohingya, diantaranya 18 laki-laki dewasa, 53 wanita dewasa, 10 Anak laki-laki, 17 Anak Perempuan dan Balita Laki-laki 1 Orang, terdampar di perairan Aceh Utara, pada Rabu (24/6/2020).

Dalam Respon kali ini PMI Aceh Utara menerapkan Standar Penanganan Covid-19 bagi para pengungsi dari etnis Rohingya. Respon yang diberikan adalah dengan melakukan pendataan awal dan Layanan Kesehatan dasar bagi mereka yang saat ini ditampung dibekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe. Layanan Kesehatan ini langsung dipimpin oleh Direktur Rumah Sakit PMI Aceh Utara, dr. M. Ifani Sarkawi, S.Pb bersama dengan para medis dan sejumlah relawan PMI Aceh Utara.

Direktur Rumah Sakit PMI Aceh Utara, dr. M. Ifani Sarkawi, S.Pb mengatakan, keluhan yang diderita oleh para imigran ini, umumnya mengalami gangguan pada bagian lambung, diare dan gatal-gatal . Hal ini diakibatkan oleh kondisi warga Rohingya yang tidak makan teratur selama 3 bulan terombang-ambing di lautan lepas.

“Dalam Respon ini, PMI Aceh Utara terhadap imigran Myanmar dari etnis Rohingya menurunkan 3 dokter, 2 para medis, 1 pengurus, 2 staf dan 10 sukarelawan PMI dalam Kegiatan Kemanusiaan ini. Dengan harapan dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh para pengungsi asal etnis Rohingya,” terang Pengurus PMI Aceh Utara, Agustiar Ismail.

Selain pelayanan Kesehatan, PMI juga melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan penampungan imigran Myanmar tersebut guna untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19) dikalangan pengungsi. (cdr)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.