Berita Nasional Terpercaya

Sebelum Lulus Kuliah Ikuti 5 Cara Mempersiapkan Diri Agar Siap Kerja

0

Bernas.id – Setelah sekian tahun menempuh kuliah, wisuda tentu merupakan hari yang paling kamu tunggu-tunggu. Setelah kerja keras menyesaikan skripsi, melewati revisi demi revisi, dan berhasil mempertahankannya di depan dosen penguji hari perayaan yang disebut dengan wisuda memang patut dirayakan.

Selain itu, kamu akan mendapatkan gelar dan ijazah kuliah yang dianggap sebagai bukti kerja keras kamu selama 3 sampai 4 tahun menempuh pendidikan.

Namun, selain berbahagia jelang wisuda sebaiknya kamu juga mulai memikirkan langkah kamu selanjutnya setelah lulus nanti. Dilansir dari situs okezone.com berikut 5 cara untuk kamu mempersiapkan diri sebelum hari kelulusan tiba.

 

1. Jaga Keuangan

Waktu luang dan perasaan lega karena sidang skripsi lulus dan tinggal menunggu wisuda biasanya digunakan untuk jalan-jalan ke mall atau belanja-belanja barang kesukaan. Boleh saja kamu melepas penat dengan cara demikian tapi tetap kontrol pengeluaranmu. Kamu akan butuh dana cadangan selepas lulus kuliah apalagi jika kamu tidak langsung mendapat pekerjaan. Jadi, tetap hemat, ya.

 

2. Memiliki Rencana Cadangan

Selepas lulus kuliah tentu kamu harus memiliki rencana. Ada baiknya tidak hanya satu rencana yang kamu buat tapi beberapa sehingga kamu punya rencana cadangan. Misalnya, setelah lulus S1 kamu ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2, ingin bekerja dulu, atau mungkin ikut berbagai pelatihan untuk menambah skill kamu, buatlah rencana lebih dari satu.

Rencana ini dapat membantu kamu untuk menikmati hidup dan membantu kamu dalam memecahkan masalah.

 

3. Belajar Menegosiasikan Gaji

Sebelum benar-benar lulus kuliah kamu harus mulai mempelajari seluk-beluk dunia kerja, seperti soal syarat melamar pekerjaan, cara menghadapi wawancara kerja, dan juga negosiasi gaji. Sebelum masuk dunia kerja, kamu harus bisa menegosasikan gaji kamu, apalagi jika kamu seorang perempuan. Sebagai perempuan, kamu perlu mencoba menegosiasikan gaji karena menurut data, perempuan berpenghasilan rata-rata 20% lebih sedikit daripada pria. Gunanya kamu melakukan negosiasi adalah untuk daya tawar.

 

4. Mencoba Hal Baru

Jika selama ini waktu kuliah kamu tersita untuk  fokus pada belajar dan mengejar nilai tinggi maka ini saatnya kamu mencoba hal-hal baru. Jika kamu mulai punya waktu, pikirkanlah untuk mengambil hobi baru atau lakukan semua hal yang belum pernah kamu rasakan selama kuliah. Kamu juga bisa mulai meningkatkan soft skill kamu agar semakin siap menghadapi dunia kerja

 

5. Tetap Menjalin Komunikasi dengan Teman Seangkatan

Mahasiswa semester akhir biasanya sudah jarang saling bertemu. Kesibukan menyusun skripsi membuat waktu untuk berkumpul semakin berkurang karena sudah punya kesibukan masing-masing. Nah, untuk menghindari kamu putus kontak pertemanan sebaiknya kamu tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman seangkatan. Bagaimanapun juga, teman itu merupakan aset berharga di masa depan, lho.

Itulah 5 cara mempersiapkan diri sebelum lulus kuliah agar kamu siap kerja. Buat kamu yang sudah bekerja dan ingin melanjutkan kuliah kembali saat ini telah hadir kampus yang bernama Universitas Mahakarya Asia (UNMAHA) yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di UNMAHA. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama UNMAHA. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di UNMAHA. Klik info lengkapnya di: https://bernas.info/BeasiswaKuliahPengusaha .(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.