Berita Nasional Terpercaya

Ustaz Yusuf Mansur dalam Buku Semua Bisa Jadi Pengusaha: Saya Termasuk Orang yang Tidak Sepakat dengan Pendapat ‘untuk Apa Kita Kuliah?’

0

Bernas.id – Ustaz Yusuf Mansur, seorang ustaz, pendiri pondok pesantren penghafal Al-Qur'an sekaligus seorang entrepreneur sukses yang terkenal dengan Gerakan Sedekah Nasionalnya ini menuliskan dalam salah satu bukunya yang berjudul Semua Bisa Jadi Pengusaha,

Saya termasuk orang yang tidak sepakat dengan pendapat yang mengatakan untuk apa kita kuliah? (Semua Bisa Jadi Pengusaha halaman 223)

Menurut ayah Wirda Mansur ini, kalau kuliah karena ingin mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, ingin naik pangkat, ingin naik jabatan, agar ada penyesuaian gaji maka dirinya sepakat pendapat untuk apa kuliah lagi. Berbeda jika kuliah karena didasarkan untuk menuntut ilmu maka Ustaz Yusuf Mansur sepakat.

Baca juga: Daftar Kampus Jurusan Perhotelan dan Pariwisata di Indonesia

Ilmu dan Bangku Kuliah

Mempelajari ilmu memang tidak harus di bangku kuliah, bisa di mana saja. Formal maupun non formal. Hanya saja ilmu-ilmu yang telah dipelajari di jenjang wajib belajar 12 tahun akan diulas lebih spesifik lagi pada jenjang perguruan tinggi. Ilmu-ilmu terapan banyak ditempuh di jenjang ini sehingga tingkat kedalaman dan kepahaman ilmu lebih tinggi. Dengan pemahaman yang lebih baik maka harapan kesempurnaan penerapan akan jauh lebih baik sehingga hasil yang dicapai pun maksimal.

Baca juga: Jurusan Manajemen: Pengertian Ilmu Manajemen dan Daftar Universitas

Pengusaha dan Kuliah

Apalagi bagi seorang pengusaha baik pemula maupun pengusaha yang sudah sukses, menuntut ilmu merupakan sebuah persyaratan yang harus terus dilakukan. Belajar bagaimana membuat neraca keuangan yang baik, sistem pembukuan, manajemen, penguasaan bahasa, bahkan kepemimpinan pun ada ilmunya. Semuanya harus dipelajari, dituntut ilmunya.

Pengusaha yang terus menimba ilmu maka usahanya akan terus berkembang pula mengikuti perkembangan ilmu yang dipelajari. Jika seorang pedagang bakso yang minim ilmu maka dia hanya akan berdiam diri di warung baksonya menunggu pembeli datang. Setelah belajar sedikit ilmu maka dia akan mulai mempromosikan dagangan dengan memasang papan nama yang menarik perhatian sehingga orang tertarik untuk mampir.

Baca juga: 10 Prospek Kerja Lulusan Akuntansi di Berbagai Profesi

Semakin luas lagi ilmu si pedagang maka dia akan mengiklankan warung baksonya melalui media sosial dan menerima delivery order, meningkatkan pelayanan dan menjangkau pembeli lebih luas. Semakin tinggi lagi ilmunya maka penjual bakso ini akan membuat tim manajemen kemudian membuka cabang di tempat-tempat potensial setelah melalui riset pasar. Salah satu gambaran contoh perkembangan usaha mengikuti perkembangan ilmu yang dipelajari.

Bangku kuliah adalah salah satu sarana tempat menuntut ilmu ini. Bahkan untuk kalian yang bercita-cita menjadi pengusaha kini telah hadir perguruan tinggi yang bertekad mencetak sejuta sarjana pengusaha untuk Merah Putih yakni Universitas Mahakarya Asia yang berkampus di Yogyakarta, Jakarta, dan Baturaja. Perguruan tinggi ini merupakan kampus technopreneur pertama di Indonesia dengan pendampingan usaha bagi para alumnusnya.

Baca juga: Jurusan IT: Pengertian, Mata Kuliah, dan Prospek Kerja Terbaru

Leave A Reply

Your email address will not be published.