Berita Nasional Terpercaya

Menag Sebutkan Ada Hal Positif Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi

0

BERNAS.ID – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengungkapkan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2020 menjadi momen yang mengingatkan pentingnya peran keluarga sebagai sumber kekuatan membangun bangsa dan negara. 

“Ibu adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya. Karenanya, keluarga adalah tempat pendidikan utama bagi generasi bangsa,” ungkap Menag Fachrul Razi di Jakarta, Senin (29/6/2020) kemarin. 

Pada peringatan Harganas yang jatuh pada 29 Juni, Menag Fachrul Razi mengungkapkan masyarakat Indonesia dihadapkan pada pandemi Covid-19 dan beberapa bulan anak-anak belajar dari rumah. Kendati demikian, pendidikan jarak jauh karena pandemi Covid-19 bisa menjadi momentum mengembalikan fungsi keluarga sebagai tempat pendidikan karakter bagi anak. Menurutnya, sinergi lembaga pendidikan formal dan keluarga sangatlah dibutuhkan. Keluarga merupakan tempat belajar bersama antara orang tua dengan anak. 

Generasi bangsa yang hebat, katanya, tidak bisa dilepaskan dari pendidikan keluarga. Bahkan, pendidikan tersebut tidak semata-mata tentang pengajaran ilmu pengetahuan dan pengayaan wawasan. Ia menegaskan lebih dari sekadar ilmu pengetahuan melainkan pendidikan akhlak, budi pekerti, maupun karakter yang ditanamkan keluarga merupakan modal penting untuk menyongsong masa depan. 

“Keluarga adalah sumber keteladanan bagi anak-anak bangsa,” tegasnya dikutip Bernas.Id.

Oleh karenanya, pada masa pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Indonesia dinilai memberi kesempatan lebih banyak bagi anak untuk belajar di rumah bersama keluarganya. Ditekankan Menag, pendidikan dari keluarga bisa menghasilkan generasi bangsa yang tangguh. 

“Mari optimalkan keluarga dalam fungsi pendidikan agama, menyemai cinta kasih, memberikan perlindungan, ruang sosiaslisasi dan pembinaan lingkungan. Dari keluarga yang keren, akan lahir generasi bangsa yang tangguh dan kompetitif,” pungkas Menag Fahcrul Razi. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.