Berita Nasional Terpercaya

Demi Geliat Perekonomian Rakyat, Ini Pesan Jokowi untuk Pemda

0

SEMARANG, BERNAS.ID – Pemerintah daerah diminta segera menggelontorkna anggaran yang dimilikinya. Presiden Joko Widodo pun meminta Pemda yang ingin mengajukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan agar segera melakukannya. Ia menekankan jangan sampai anggaran belanja daerah hanya mengendap di bank. 

“Untuk APBD perubahan apabila kabupaten/kota menginginkan ya segera dikerjakan seperti disampaikan Pak Gubernur (Ganjar),” ungkap Presiden Jokowi saat mengunjungi Semarang, Jawa Tengah, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, penggunaan APBD secara maksimal akan memberikan stimulus positif pada perekonomian rakyat. Belanja daerah bisa dilakukan untuk mendorong geliat perekonomian masyarakat dengan cara memperbanyak peredaran uang. 

“Yang namanya ekonomi di masyarakat juga peredaran uang itu sekarang ini yang bisa memberikan stimulus adalah dari APBD, baik itu kabupaten, kota, provinsi dan juga APBN yang bisa men-trigger ekonomi,” ungkapnya. 

Sektor Pariwisata

Tak hanya soal perputaran uang, Presiden Jokowi juga mengingatkan pemerintah daerah harus memperhatikan protokol kesehatan. Ia tidak mau masyarakat lengah di tengah pandemi Covid-19. Jokowi mencontohkan kesiapan tempat wisata Tawangmangu di Karanganyar, Jawa Tengah. Ditegaskan Presiden Jokowi, sektor pariwisata harus disiapkan dengan sungguh-sungguh agar tidak sampai menimbulkan kerumunan orang. 

“Protokol kesehatan sudah siap benar di lapangan, dicek. Jangan sampai pengunjung, wisatawan lokalnya membludak penuh, protokol kesehatan tidak siap,” demikian pesan mantan Wali Kota Solo itu. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.