Berita Nasional Terpercaya

5 Strategi Mendapatkan Investor Bisnis, Nomor 2 Butuh Kejujuran

0

Bernas.id ? Kehadiran investor untuk pebisnis adalah hal yang diharapkan. Bagaimana tidak, investor bagaikan oase yang dapat memberikan suntikan dana segar bagi bisnis atau usaha yang sedang kamu jalani. Tapi kamu tentu sadar, tidak mudah menarik hati investor untuk mau berinvestasi jika kerja sama yang ditawarkan tidak menguntungkan.

Selain itu, mendapatkan kepercayaan investor juga butuh proses. Nah, berikut ini ada 5 strategi mendapatkan investor bisnis seperti dilansir dari situs tommcifle.com.

1.Presentasikan sebuah bisnis bukan sekedar ide

Investor butuh diyakinkan sehingga jika sekedar ide yang kamu presentasikan, kamu seolah hanya menjual rencana. Ide yang sering didengar investor seringkali justru tidak banyak yang bisa menjadi bisnis yang layak. Sebaiknya kamu membuat model bisnis dari skala, produk dan jasa, serta pekerja didalamnya. Tentunya semua itu perlu bukti, so berikan bukti nyata ke mereka.

2.Tunjukkan arus kas perusahaan

Keterbukaan di awal soal uang itu penting. Kerja sama di dalam bisnis butuh trust atau kepercayaan.Transparan soal keuangan di awal itu penting apalagi soal uang. Tunjukan arus kas perusahaan kamu walaupun jumlahnya tidak banyak. Investor yang tahu bahwa perusahaan kamu punya arus kas malah bisa tahu bahwa bisnis kamu ini tidak hanya mengandalkan si investor saja tapi juga punya sedikit dana untuk pertumbuhan bisnis.

Investor biasanya akan mencari tahu apakah invetasi yang ditanamnya akan menguntungkan atau tidak. Investor tentu tidak mau jika uangnya hanya untuk pelunasan uang sewa atau gaji perusahaan. oleh karena itu, butuh keterbukaan sejak awal.  

3.Ketahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan

Kamu harus memegang prinsip ?take and give!? antara kamu dan investor. Jika investor membantu saat proses produksi atau dari bahan maka kamu harus membagi pendapatan. Namun, jika investor berperan sebagi mentor dan konektor maka keterlibatan mereka dalam perusahaan kamu perlu tahu.

4.Lakukan riset

Riset tidak hanya dilakukan untuk mencari tahu minat pasar atau kepuasan pelanggan. Mendapatkan investor yang tepat pun butuh riset. Investor seperti apa sih yang tepat untuk bisnis kamu? Kamu bisa mencari tahu dengan berbagai cara, misalnya melalui situs, sosial media, atau publikasi lain dari bisnis sang investor. Luangkan waktu untuk belajar tentang calon investor dan mitra yang tepat. Hal itu akan sangat membantu memahami bagaimana bisnis kamu ke depan saat modal bertambah.

5.Kembangkan strategi dan visi

Masa depan perlu dirancang dan direncanakan, demikian juga dengan masa depan bisnis. Kamu juga harus siap membahas rencana bisnis ke depan secara rinci ke investor.

Sampaikan tujuan strategi dan rencana bisnis kamu dalam jangka waktu panjang kepada investor. Misalnya kondisi bisnis kamu sangat bagus dan terus maju, apakah kamu akan menambah mitra? Strategi seperti apa sih yang akan dilakukan kalau sudah berkembang?

Jika pertanyaan itu belum mampu kamu jawab artinya harus kamu persiapkan sebelum presentasi di depan investor. Nah, selamat mencoba ya.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.