Berita Nasional Terpercaya

Inovasi di Masa Pandemi, Kemenag Siapkan Pendaftaran Haji Secara Online

0

BERNAS.ID – Kementerian Agama (Kemenag) terus mengupayakan kemudahan pendaftaran haji. Kali ini Kemenag tengah menyiapkan layanan mobile dan online untuk pendaftaran haji. Hal ini sebagai inovasi untuk memberikan kemudahan layanan kepada calon jemaah haji. 

“Kita siapkan dua inovasi, untuk memudahkan calon jemaah haji Indonesia yang ingin mendaftar haji, yakni melalui layanan mobile dan layanan online,” ujar Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kemenag, Muhajirin Yanis, Rabu (1/7/2020).

Disampaikan Muhajirin, inovasi ini merupakan pengembangan dari layanan pelunasan secara online yang sudah berjalan sejak dua tahun lalu. Namun, pada waktu itu pendaftaran online bisa dilakukan karena regulasinya masih disiapkan. Diakuinya, Kemenag sebetulnya sudah merancang pendaftaran secara mobile dan online hanya saja masih terkendala regulasi. Lebih lanjut, kondisi pandemi Covid-19 begitu terbatas melayani pendaftaran jemaah di kantor Kemenag. 

“Kebutuhan akan inovasi ini semakin dirasa pada masa pandemi. Akibat proses pendaftaran masih harus dilakukan secara manual, maka layanannya dibatasi hanya lima jemaah per hari,” ucapnya, dikutip Bernas.Id. 

Menurutnya, apabila regulasi sudah terbit maka pendaftaran haji bisa dilakukan lebih fleksibel.  Selain itu, calon jemaah haji bisa memanfaatkan layanan mobile yang akan ditempatkan di sejumlah titik, tidak harus ke Kantor Kementerian Agama kabupaten atau kota setempat. 

“Format itu sudah selesai, tinggal menyiapkan server dan pengamanannya. Kita tidak perlu lagi kesulitan harus ada lembar pendaftaran, semua sudah berbasis digital,” pungkas Muhajirin. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.