Berita Nasional Terpercaya

Jamur Enoki Aman Dikonsumsi, Ini Saran Kementan

0

BERNAS.ID – Produk jamur enoki merupakan salah satu jamur yang digemari masyarakat Indonesia. Sayangnya, sempat geger karena sebuah produk jamur enoki asal Korea Selatan yang mengandung bakteri berbahaya, yakni Listeria monocytogenes. 

Badan Ketahanan Pangan Kementan pun telah memerintahkan pada importir untuk melakukan penarikan dan pemusnahan produk jamur enoki dari Korea Selatan itu pada 22 Mei dan 19 Juni 2020 di PT Siklus Mutiara Nusantara. Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengungkapkan masyarakat boleh mengonsumsi jamur enoki dari negara lain seperti Tiongkok. Ia juga mengingatkan supaya lebih berhati-hati saat mengonsumsi jamur enoki. 

“Menghimbau masyarakat untuk lebih cermat dan berhati-hati, dalam mengonsumsi jamur melakukan pengolahan minimal pada suhu 75 derajat celcius agar aman dikonsumsi,” kata Agung dalam konferensi pers terkait jamur enoki, di Kementerian Pertanian, Kamis (2/7/2020).

Selain itu, Kementan telah menganalisis tentang keamanan mengonsumsi jamur enoki. Agung menjelaskan jamur enoki akan mati jika dimasak dengan suhu panas 75 derajat celcius dan dalam waktu 5 menit. Upaya pencegahan pun dilakukan Kementan agar masalah produk jamur enoki asal Korea Selatan tidak terulang lagi. 

Kementan melalui Badan Karantina Pertanian akan melakukan peningkatan pengawasan keamanan pangan jamur enoki asal korea selatan dan menyampaikan informasi kepada negara produsen agar dilakukan corrective action. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.