Berita Nasional Terpercaya

Rekomendasi 4 Arah Perubahan Perilaku Konsumen Sebagai Elemen Penguat Rencana Aksi ABDSI

0

Bernas.id – Perubahan mendasar telah terjadi pada perilaku konsumen di masa pandemic dan hal ini seharusnya menjadi fokus utama pemilik UMKM dalam merumuskan formulasi bisnisnya di masa dan pasca pandemi. Dalam Forum EksplorAhli yang diselenggarakan oleh DPN ABDSi, beberapa para ahli yang kompeten untuk memberikan masukan, kritik, dan saran perbaikan terkait Rencana Aksi tahap kedua (Adaptasi & Pemulihan) ABDSI dengan mendirikan program Klinik Pemulihan Bisnis bagi UMKM Terdampak pandemi di seluruh wilayah Indonesia. 

Salah satu narasumber yang memberikan sarannya adalah bapak Aji Erlangga Martawireja, SE. MSI. Akt., Tenaga Ahli KSP menegaskan perubahan perilaku konsumen tersebut dengan mengutip sebuah grafik dari bapak Yuswohady dan Inventure Indonesia, yang menunjukkan perilaku konsumen telah berubah ke 4 arah. ABDSI sebagai lembaga yang memiliki data UMKM bisa membuat arah perilaku konsumen ini dengan versi ABDSI yang disesuaikan dengan kondisi UMKM.

Go Save

Saat ini konsumen memilih aman dan berdiam diri di rumah. Konsumen juga lebih sensitif terhadap higienitas tempat usaha serta produk yang dihasilkan. Sehingga, perlu dipikirkan sebuah perencanaan bisnis yang memastikan konsumen merasa aman selama dilayani dan mendapatkan produk yang dipasarkan. 

Go Economic

Dengan memburuknya ekonomi dan meningkatnya pengangguran karena tutupnya pabrik dan perusahaan, maka pengeluaran terbesar saat ini pun difokuskan untuk ketahanan pangan. Selain itu, setiap keluarga lebih memilih untuk membeli barang-barang yang paling mendasar dan yang dibutuhkan saja. 

Go Digital

Mengingat adanya pembatasan sosial berskala besar, maka konsumen saat ini lebih beralih ke platform digital untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Kebutuhan jasa pengiriman barang pun menjadi naik karena meningkatnya pembelian online. 

Go Empathic

Konsumen pun sekarang banyak tergerak oleh program produk atau jasa yang membangkitkan empati mereka. Apalagi, jika merasa bahwa dengan membeli produk atau menggunakan jasa tertentu akan membuat mereka bisa berkontribusi meringankan saudara-saudara yang terdampak Covid19. 

ABDSI diharapkan dapat membuat versi sendiri yang bisa dipakai sebagai acuan oleh para pemilik UMKM. Jika nanti dapat memberikan empat arah perubahan perilaku konsumen ini sesuai standar ABDSI yang sesuai dengan konteks UMKM, maka keberadaan ABDSI sebagai asosiasi yang memberikan jasa konsultasi bisnis akan semakin mantap dan berprestasi. 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.