Berita Nasional Terpercaya

Agar Jadi Sales Marketing Handal Maka 5 Tugas Ini Wajib Kamu Kuasai

0

Bernas.id – Kegiatan penjualan produk adalah tanggung jawab sales marketing di sebuah perusahaan. Hal yang wajib ada bagi seorang sales marketing ialah kemampuan berbahasa santun dan berperilaku sopan. Sales bertanggungjawab penuh atas jumlah produk yang terjual dalam periode yang telah ditetapkan. Secara terperinci, berikut 5 tugas sales yang harus dikuasai dengan baik dan benar, dilansir dari situs tommcifle.

1. Aktif Mencari Target

Pangsa pasar yang terencana bersama dengan pemikiran konsep bisnis akan memudahkan pemasaran produk. Kerja sales bisa dimulai sejak beberapa waktu sebelum proses produksi selesai. Mulai promosikan produk dan tumbuhkan rasa ingin tahu mereka dengan cara menginfokan keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

Pantau lokasi calon pembeli, tentukan berdasarkan wilayah dan sebar sales pada masing-masing tempat itu. Lakukan sistem rolling ketika sales belum mampu mencapai target di area tertentu.

Kenali secara singkat sifat masyarakat di lokasi tersebut. Yakinkan mereka bahwa produk yang ditawarkan memiliki keunggulan lebih dibanding lainnya.

2. Merekap Data Hasil Penjualan

Data hasil penjualan harus disusun rapi, detail, dan terperinci untuk memudahkan pihak lain saat menganalisinya. Evaluasi sales dilakukan atas dasar rekapan data tersebut yang akan dipakai untuk menilai ketepatan strategi sales. Cara promosi dinilai tepat ketika penjualan meningkat dari waktu ke waktu.

Sales harus saling membantu dan tidak diperkenankan memelihara ego. Prestasi sales tidak tercermin dari berapa jumlah produk yang berhasil dijual oleh masing-masing individu tetapi secara global. Inilah bentuk gotong-royong sesama anggota guna meringankan beban sales marketing di dalam sebuah tim.

3. Menjamin Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan terjadi karena manfaat yang diberikan produk sesuai informasi sales saat promosi. Bila salah satu unsur dari produk tidak diketahui dan mengakibatkan kerugian, maka berdampak pada kekecewaan pelanggan.

Oleh karena itu, tugas sales marketing adalah menjamin kepuasan pelanggan. Rasa kecewa menumbuhkan sikap tidak percaya. Sulit meyakinkan pelanggan yang sudah pernah menggunakan produk tetapi tidak puas akan manfaatnya. Jaminkan kualitas produk unggul yang dilengkapi dengan garansi untuk menjaga kepuasan pelanggan.

4. Mencari Mitra Kerja

Untuk meningkatkan proses penjualan, menggandeng pihak lain adalah pilihan. Tentu saja, kerja sama ini harus menguntungkan bagi kedua belah pihak. Mitra sales marketing dapat berasal dari kalangan lembaga keuangan, jasa pengiriman barang, dan lain sebagainya.

5. Menyusun Strategi Lanjutan

Sales marketing juga bertanggung jawab menyusun strategi lanjutan bila cara-cara anjuran perusahaan tidak dapat memenuhi target. Ketentuan yang telah disepakati bersama boleh dimodifikasi agar sesuai dengan kondisi lapangan.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.