Berita Nasional Terpercaya

Dishub Sleman Akan Buka Pelayanan KIR, Hanya Melayani 50 Kendaraan per Hari

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman melakukan simulasi Pengujian Kendaraan Bermotor (Uji KIR) untuk persiapan membuka kembali pelayanan KIR pada tanggal 6 Juli nanti. Sebelumnya, Dishub menutup pelayanan Uji KIR karena Pandemi Corona sejak tanggal 2 April 2020.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sleman, Harda Kiswaya saat memantau Uji KIR di Dishub Sleman menyampaikan simulasi melibatkan Dinas Kesehatan dan BPBD Kabupaten Sleman. ?Insya Allah hari Senin (6/7) pelayanan uji KIR sudah dibuka. SOP pelayanan dan penerapan protokol kesehatan sudah bagus serta telah mendapat supervisi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman,? ujar Harda.

Sedangkan, Kepala Dishub Kabupaten Sleman, Mardiyana mengatakan bahwa dalam pelayanan uji KIR di tengah pandemi Covid-19 ini pihaknya akan menerapkan SOP sesuai protokol Kesehatan seperti wajib menggunakan masker, cuci tangan dan pemeriksaan suhu tubuh bagi pemohon yang mengakses layanan di Dishub Sleman.

Ia juga menyarankan masyarakat atau pemohon agar melakukan pendaftaran secara online pada website www.sikresno.id dan pembayaran dilakukan secara non tunai. Pendaftaran secara online ini untuk mengurangi kerumunan sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19

Menurutnya, kendaraan yang akan melakukan uji KIR nanti akan masuk melewati pintu barat dan pintu tengah Dishub Sleman. Parkir juga akan dikondisikan di luar Dishub apabila kapasitas tidak memenuhi. Dishub Sleman juga akan memberikan dispensasi berupa pembebasan denda bagi kendaraan yang telat melakukan uji KIR mulai bulan April hingga Desember 2020.

?Parkir timur sementara masih digunakan untuk posko dekontaminasi Covid-19. Namun sudah kami lakukan uji coba untuk kendaraan besar seperti truk dan bus bisa melewati posko tersebut untuk menuju tempat uji KIR,? ujar Mardiyana.

Lebih lanjut ia menjelaskan setelah proses administrasi selesai, pemohon membawa kendaraannya sesuai nomor antrian. Kendaraan yang akan diuji juga akan disemprot disinfektan dan pengemudi tidak diperbolehkan turun selama uji emisi berlangsung.?Selama pandemi ini kami batasi hanya 50% saja dari hari biasanya yang melayani hingga 120 kendaraan dan Jumat 80 kendaraan,? kata Mardiyana. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.