Berita Nasional Terpercaya

4 Kunci Sederhana Bersatu Lawan Covid-19 Ala Wapres Ma’ruf Amin

0

BERNAS.ID – Pandemi Covid-19 tidak hanya terjadi di Indonesia. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pemerintah terus mempercepat langkah-langkah penanganan pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia. Apalagi dampak terhadap masyarakat dan pembangunan juga dibutuhkan penanganan yang dimulai dari hal-hal sederhana.  

“Detik demi detik, pemerintah terus melakukan akselerasi untuk mengatasinya. Langkah kecil mulai dari membangun kesadaran dan disiplin secara individu untuk menangkalnya,” ujar Wapres Ma?ruf dalam unggahan di akun Instagram miliknya @kyai_marufamin, Jumat (3/7/2020).

Menurutnya, semua harus saling mengingatkan untuk kebaikan dan kesabaran menghadapi dampak pandemi Covid-19 termasuk menuju tatanan kehidupan normal yang baru. Oleh karenanya, Wapres mengajak rakyat Indonesia untuk bersama-sama berpartisipasi Bersatu Lawan Covid-19 dengan 'Empat Kunci' sederhana. 

“IMAN : Percaya dan yakin bahwa wabah ini terjadi karena kehendak Allah. Semua harus ikhlas dan sabar menerima ujian ini. Jangan panik dan putus asa. Allah tidak akan menguji makhluknya di luar batas kemampuannya. (Laa yukallifullahu nafsan illa wus'aha),” tulisnya. 

Kedua adalah IMUN. Menurutnya, imunitas tubuh terjaga dengan cara rajin berolahraga, minum vitamin, serta berjemur. Pola hidup sehat pun menjadi suatu hal yang harus terus diupayakan agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk serangan virus corona. 

Sedangkan, ketiga adalah AMAN. Masyarakat diajak untuk menciptakan rasa aman dari Covid-19. Aman yang dimaksud adalah mengikuti anjuran pemerintah terkait protokol kesehatan seperti menjaga jarak aman, tidak berkerumun. Masyarakat juga menjaga kebersihan tubuh dengan cara rajin cuci tangan dan pakai masker. Ditegaskan Wapres, imunisasi diri perlu dibentengi juga dengan amanisasi diri. 

“AMIN : Setelah usaha, dan ikhtiar, tawakkal (berdoa) kepada Allah harus terus dipanjatkan agar Covid-19 segera teratasi dan kita semua bisa beraktivitas kembali dalam tatanan normal baru,” demikian dikutip Bernas.Id dari Instagram Wapres. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.