Berita Nasional Terpercaya

Bekerja atau Kuliah? Dapatkan Keduanya Hanya di UNMAHA dalam Program Kelas Online

0

Bernas.id – Saat memutuskan antara bekerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi setelah lulus dari SMA atau sederajat bukanlah suatu hal yang mudah. Program SMK yang lebih mengedapankan skill, meskipun tidak mengurangi materi dan pengetahuan akademik, membuat sebagian besar lulusan SMK memutuskan langsung bekerja saat lulus sekolah. Beberapa perusahaan memang masih ada yang menerima karyawan lulusan SMA atau sederajat, tetapi biasanya lebih memprioritaskan bagi lulusan di atasnya, misalnya D3 atau S1.

Secara umum kuliah adalah upaya menemukan dan mengembangkan potensi dalam diri. Memang sih, sebagian besar anak SMA sudah memiliki skill atau keahlian tertentu yang bisa menjadi potensi diri. Namun, jika potensi yang telah ada itu dikembangkan, bukankah hasilnya akan lebih maksimal?

Nah, bagi kamu yang sudah terlanjur bekerja setelah lulus SMA atau sederjat, jangan khawatir! Universitas Mahakarya Asia atau UNMAHA mengadakan program khusus kelas online dengan biaya yang terjangkau. Kampus berbasis digital yang mencetak generasi pengusaha ini bisa menjadi pilihan kampus kalian, loh. Dengan dosen yang berkualitas serta memiliki pengalaman dan karier yang bagus di bidang bisnis.

Dengan kuliah online kamu bisa tetap produktif dalam bekerja. Kuliah bukan hanya sebagai pencapaian gelar, tetapi juga pengembangan pengetahuan yang memungkinkan untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih bagus dari sebelumnya.

Seperti yang kita tahu, Indonesia masih tergolong rendah angka pengusahanya. Padahal untuk menjadi negara maju, dibutuhkan warga negara yang produktif. Salah satunya dengan menjadi pengusaha. Mungkin sekarang kamu sudah mendapat pekerjaan sebagai karyawan, siapa tahu setelah kuliah online di UNMAHA, bisa membangun bisnis dan menjadi pengusaha. Semua itu sangat mungkin terjadi, karena di UNMAHA setiap mahasiswa mendapat kesempatan di-mentoring untuk merintis usaha oleh dosen yang berpengalaman di bidangnya.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan kuliah online sambil bekerja.

 

1. Memilih Perguruan Tinggi serta Silabus dan Jadwal Kuliah

Memilih perguruan tinggi itu penting karena untuk menentukan jurusan yang hendak kamu ambil. Misalkan kamu berkeinganan menjadi seorang entrepreneur atau pembisnis. Maka kamu harus mencari perguruan tinggi yang menyediakan program studi tersebut. Selain itu, juga perhatikan silabus serta jadwal kuliah. Meskipun kuliah online lebih fleksibel karena bisa mengikuti kuliah di mana saja, tetapi juga harus kalian pertimbangkan dengan jadwal pekerjaan. Apakah kampus yang kamu pilih mengharuskan mahasiswa hadir dalam tatap muka secara online, atau bagaimana? Anda harus mencari kejelasan tersebut agar pekerjaan dan kuliah bisa berjalan bersama.

2. Menyiapkan Persyaratan Kuliah

Setelah memilih perguruan tinggi, hal selanjutnya yaitu proses pendaftaran. Biasa kuliah online proses pendaftarannya juga secara online, dengan mengumpulkan berkas-berkas dalam bentuk scan. Jika tidak tersedia secara online, kamu harus mengatur waktu dari pekerjaan untuk mengurusi hal tersebut. Atau jika bisa diwakilkan, kamu bisa memilih opsi tersebut.

2. Memiliki Sarana dan Prasana Kuliah Online

Tidak seperti kuliah tatap muka secara konvensional, kuliah online memanfaatkan teknologi dalam sistem perkuliahannya. Itu artinya kamu harus paham teknologi agar mampu mengikuti jalannya perkuliahan online. Kamu bisa mengecek di situs universitas atau mengajukan pertanyaan kepada admin, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan selama perkuliahan online. Biasanya setiap univesitas menggunakan software dalam perkuliahan, sebaiknya kamu mempelajari terlebih dulu bagaimana menggunakan dan meng-eksplor software tersebut. Tak kalah pentingnya adalah jaringan internet harus lancar, ya.

3. Fokus dan Bersungguh-sungguh

Kuliah sambil bekerja memang tidak mudah. Karena tanggung jawab kamu juga harus penuh pada keduanya. Namun, jika kamu fokus dan bersungguh-sungguh dalam menjalani kuliah maupun bekerja, hal tersebut tidak menjadi beban, justru menjadi motivasi atau dorongan untuk hidup yang lebih sukses.

 

Bagaimana? Sudah tertarik kuliah online di UNMAHA? Hanya dengan biaya SPP Rp200.000,00 per bulan, kamu berkesempatan menjadi pengusaha sukses, loh. Tunggu apa lagi segera daftar di Universitas Mahakarya Asia atau UNMAHA!

Leave A Reply

Your email address will not be published.