Berita Nasional Terpercaya

Efektifkah Rapid Test? Ini Jawaban Pakar

0

SLEMAN, BERNAS.ID- Jumlah pasien positif Covid-19 masih terus meningkat dari waktu ke waktu di Indonesia. Pemerintah pun mendorong pelaksanaan rapid test di berbagai daerah, terutama daerah dengan jumlah kasus Covid-19 yang tergolong tinggi. Bahkan, tidak sedikit masyarakat yang secara mandiri melakukan rapid test.

Ketua Satgas Covid-19 UGM, Dr dr Rustamadji, MKes, mengatakan bahwa rapid test terbagi menjadi dua jenis yakni rapid test antibodi dan rapid test antigen. Keduanya digunakan sebagai langkah skrining awal dalam deteksi Covid-19, bukan untuk mendiagnosis infeksi Covid-19 pada seseorang.?Rapid test tidak bisa digunakan untuk penegakan diagnosis Covid-19, ini untuk pemeriksaan awal saja,? tuturnya saat dihubungi Sabtu (4/7).

Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM yang akrab dipanggil dr Adji ini mengatakan rapid test antibodi kurang efektif digunakan untuk mendiagnosis Covid-19. Rapid test antibodi lebih tepat digunakan untuk tujuan surveilans kesehatan masyarakat seperti melihat kekebalan pada suatu kelompok/komunitas.

Rapid test antibodi, lanjut Adji dilakukan berdasar pada terbentuknya antibodi yakni IgM dan IgG dalam tubuh sebagai mekanisme proteksi terhadap serangan bakteri maupun virus, bukan mendeteksi keberadaan virus. Dengan kata lain, test ini hanya mendeteksi antibodi dalam tubuh seseorang apakah pernah terinfeksi atau terpapar virus corona..?Untuk memastikan keberadaan virus di tubuh/seseorang terinfeksi virus corona ya dengan uji swab, rapid tes hanya sebagai langkah pemeriksaan awal saja,?terangnya.

Sementara untuk rapid test antigen, dr Adji mengatakan tes ini sedikit lebih efektif karena bisa mendeteksi antigen atau virusnya. Kendati begitu dia kembali menekankan bahwa baik rapid test antibodi maupun antigen hanya sebagai langkah skrining awal bukan pemeriksaan untuk mendiagnosis infeksi virus corona. 

Guna menekan penyebaran virus corona, dr Adji meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Konsisten untuk selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, mencuci tangan dengan sabun, serta menerapkan etika saat bersin. “Di samping itu menerapkan polah hidup bersih dan sehat. Dengan begitu diharapkan dapat memutus mata rantai penualaran Covid-19 di Tanah Air,” tutupnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.