Berita Nasional Terpercaya

Sarita Sutedja ‘Upnormal’ Beberkan 3 Kunci Suksesnya dalam Berwirausaha saat Festival Mahakarya

0

Bernas.id – Upnormal, adakah yang asing dengan brand ini? Rasanya hampir semua orang pernah dengar dan tahu apa itu Upnormal. Yup, tepat sekali. Upnormal adalah tempat nongkrong dengan menu makanan indomie kekinian.

Sarita Sutedja yang merupakan salah satu pemilik Upnormal menceritakan awal mula berdirinya Warunk Upnormal adalah ketika Sarita dan teman-temannya melihat potensi di daerah yang mayoritas mahasiswa. Seperti umumnya mahasiswa, warung kopi yang menyajikan menu indomie, kopi, dan roti bakar selalu jadi pilihan mayoritas mahasiswa karena menyesuaikan kondisi kantong, di sisi lain mahasiswa saat mengerjakan tugas-tugas memerlukan tempat nongkrong yang asyik dan nyaman. Tidak mungkin jika harus bawa laptop ke warung kopi dan indomie karena rata-rata warung seperti ini tempatnya tidak luas. Berangkat dari potensi ini maka Sarita berinisiatif membuka tempat nongkrong yang nyaman dan leluasa untuk mahasiswa mengerjakan tugas sambil nge-mie plus harga ramah kantong. Maka berdirilah Upnormal ini.

Saat ini sudah ratusan gerai Warunk Upnormal hampir di seluruh Indonesia bahkan Asia. Apa kunci suksesnya?

Dalam Festival Mahakarya (5/7) Sarita yang menjadi salah satu narasumber bersama Wirda Mansur membeberkan 3 kunci suksesnya berwirausaha.

“Ada 3 hal yang kami lakukan untuk melancarkan usaha. Terus akan kami lakukan, saat ini maupun esok selama napas masih beembus dan kaki masih menapak di muka bumi ini.”

Pertama, Berdoa

Selalu, apa pun yang kami akan lakukan selalu disertai doa. Hubungan vertikal ini tidak dapat dilihat tapi luar biasa efeknya. Sarita yakin dengan berdoa semua hal akan jadi lebih mudah. Dia tahu yang terbaik untuk umatNya jadi pasrahkan saja begitu tutur Sarita. 

Kedua, Belajar

Ini sebuah usaha terus menerus yang kedua. Belajar. Selain berdoa, belajar adalah usaha wajib dalam rangka memanfaatkan talenta yang diberikan Tuhan. Belajar bagaimana mengelola usaha, belajar memperbaiki diri, belajar menambah wawasan, membaca pasar, bahkan belajar mengatasi berbagai problem. Dari belajar ini akhirnya Sarita percaya bahwa setiap rintangan, setiap ujian, setiap masalah,Tuhan sudah menyertakan survival kit bersamanya. Tinggal bagaimana kita bisa tidak membacanya.

Kunci sukses yang ketiga, Silaturahim

Sarita selalu berusaha menjalin silaturahim dengan siapa pun.

“Silaturahim ini juga penting karena kita tidak tahu siapa yang akan bersama kita (partner) di masa yang akan datang. Dengan silaturahim setidaknya kita sudah mengenalkan diri sebagai partner yang baik nantinya,” ujar Sarita yang oleh team Warunk Upnormal dibilang paling giat mengajak bersilaturahim.

Tiga kunci inilah yang membawa Sarita dan teamworknya sukses dalam usaha Warunk Upnormal. Permpuan yang nantinya juga akan menjadi salah satu dosen di kelas online jurusan Kewirausahaan Universitas Mahakarya Asia ini berpesan untuk para millennials dan juga gen z yang akan berwirausaha terutama di saat new normal seperti sekarang, “Embrace yourself, terima dirimu apa adanya. Ada kelemahan dan juga kelebihan. Biarkan kelemahan, fokus saja pada kelebihan. Gali terus hingga mencapai taraf expert plus sempurnakan dengan skill ngomong, komunikasi.”

Leave A Reply

Your email address will not be published.