Berita Nasional Terpercaya

Ternyata Guru Perlu 5 Hal Ini untuk Bisa Mengembangkan Kecerdasan Pedagogik Agar PJJ Lebih Efektif

0

Bernas.id – Kecerdasan pedagogik ternyata tidak dimiliki oleh kebanyakan guru, walaupun mereka telah mengikuti pendidikan keguruan. Apalagi di masa pembelajaran jarak jauh ini, guru dituntut untuk bisa memberikan materi belajar yang menarik dan interaktif. Ada 5 hal yang bisa dilakukan guru untuk mencapai kecerdasan pedagogik.

Teknologi hanya alat bukan tujuan

Pada pembelajaran saat ini, memang guru dituntut untuk dapat menguasai teknologi agar dapat mendampingi murid yang belajar dari rumah. Tujuan utamanya bukan sekadar memakai teknologi, tetapi menjadikan murid berdaya bisa belajar dan berkembang karena guru memakai teknologi yang sesuai dengan profil murid. Guru bisa mendesain kegiatan yang membuat murid mau berinteraksi dalam berbagai platform digital. 

Asesmen sesuai profil murid

Pernah ada sebuah karikatur yang menggambarkan berbagai hewan, seperti burung, monyet, gajah, dan ikan dalam toples, berjajar di depan seorang guru. Guru itu memberi tugas memanjat sebuah pohon. Siapa yang berhasil mencapai titik tertinggi akan mendapat nilai bagus. Tentu ini menjadi tidak adil bagi ikan dalam toples dan gajah. Mereka tidak bisa memanjat tanpa bantuan. Penting bagi guru memberikan asesmen yang tepat sesuai profil murid karena jika murid tidak berhasil mencapai tujuan belajar, berarti asesmen yang diberikan belum pas.  

Peka terhadap beban belajar murid

Salah satu keluhan orangtua dan murid saat pembelajaran jarak jauh sebelum tahun ajaran dimulai adalah bertumpuknya tugas-tugas yang diberikan. Seorang siswa SMP yang memiliki sampai 13 mata pelajaran, dan ada 5 kompetensi yang harus dikuasainya dalam satu semester, berarti ia harus menyelesaikan 65 tugas. Guru harus berani membuat kegiatan proyek kolaborasi beberapa mata pelajaran sehingga puluhan tugas itu bisa diringkas hingga menjadi separuh atau bahkan sepertiganya. 

Memberi tantangan bukan tugas

Murid saat ini mendapatkan keleluasaan untuk mau mendengarkan gurunya atau tidak. Mereka bisa bilang tidak punya pulsa dan tidak bisa ikut konferensi video, tetapi bisa mengakses Tiktok atau permainan daring lainnya. Penting bagi guru untuk membuat murid merasa diberikan sebuah tantangan bukan tugas. Karena dengan memberi tantangan, berarti murid merasa yang dilakukannya adalah untuk dirinya, bukan untuk gurunya. 

Memberi penghargaan yang pas

Peran guru dalam memotivasi murid mau belajar dan bergerak menyelesaikan tantangannya pun menjadi sangat penting di masa belajar di rumah ini. Guru yang memiliki kecerdasan pedagogik yang baik akan memberikan penghargaan yang pas buat anak didiknya. Yang membuatnya mengasah keterampilannya, bukan hanya untuk hal konsumtif saja. 

Guru dengan kecerdasan pedagogik yang baik akan memiliki tujuan murid-murid belajar, bukan hanya sekedar mengajar. Begitu pula yang dilakukan oleh para pengajar di Universitas Mahakarya Asia yang selalu menekankan pada praktik dan aplikasi nyata dari setiap mata kuliah yang didapat mahasiswa. Sehingga lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia industri. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.