Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Atur Waktu Saat Kuliah Online Agar Tidak Keteteran

0

Bernas.id – Pandemi virus Covid-19 ini yang belum berlalu ini membuat pemerintah kembali memberi himbauan untuk menerapkan physical distancing, study at home atau bahasa zaman sekarang ?belajar dirumah aja? Jika sekolah masih memungkinkan untuk belajar tatap muka di sekolah dengan sistem bergantian, tidak demikian dengan kampus.

Tahun ini keputusan sudah tetap bahwa kuliah masih akan dilaksanakan secara online. Inilah 5 tips atur waktu saat kuliah online agar tidak keteteran.

1. Jadwal Ulang Kegiatan di Rumah

Kuliah online memang memiliki waktu yang berbeda dengan kuliah tatap muka. Ada beberapa matakuliah yang jamnya disesuaikan, seperti praktikum misalnya. Ada juga penambahan atau pengurangan waktu saat menjalani kuliah online. Susun kembali jadwalmu. Sesuaikan kegiatan di rumah dengan kuliah online. Hal ini agar kamu mengetahui kapan saja atau jam berapa kamu memiliki waktu luang. Dengan demikian waktu luangmu dapat dimanfaatkan untuk hal yang bermanfaat.

2. Gunakan Waktu Luang untuk Kegiatan Bermanfaat

Di tengah pandemi kamu terbatas untul berkegiatan di luar rumah. Agar tidak bosan maka gunakanlah waktu luangmu untuk kegiatan bermanfaat di rumah. Misalnya, mencoba hal baru, belajar hal baru. membantu orang tua, membaca buku yang tidak sempat terbaca, membangun bounding dengan keluarga,  dan yang terpenting adalah menjaga keluarga kita tetap senang dan gembira di dalam rumah.

3. Kerjakan Tugas di Pagi Hari Lebih Baik

Meskipun kuliah di rumah dan kuliah berlangsung siang hari usahakan untuk tetap mengawali hari di pagi hari. Jangan bangun siang hanya karena merasa tidak akan ke kampus ataupun pergi ke mana-mana. Jika tidak ada jadwal kuliah maka kerjakan tugas-tugas di pagi hari. Menurut Dr. Jane Oakhill, seorang psikolog di University of Sussex, belajar di pagi hari lebih baik untuk mengambil informasi baru. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk mengingat fakta dan angka.

4. Rutin Berolahraga

Usahakan untuk sellau rutin berolahraga meskipun di dalam rumah. Seharusnya, tidak ada lagi alasan tidak ada waktu berolahraga karena waktu sekarang justru sangat luang. Olahraga baik untuk menjaga imunitas tubuh sehingga bisa minim risiko terpapar virus. Kamu bisa berolahraga dirumah seperti push up, jalan-jalan di koridor rumah, sit up, angkat beban atau sekedar naik turun tangga.

5. Istirahat Cukup

Hindari terlalu sering begadang. Kuliah dari rumah ini rasanya memang seperti libur tapi sebenarnya tidak. Kegiatan dan tanggung jawabmu tetap sama yakni menyelsaikan satu semester dengan hasil yang baik. Istirahat yang cukup karena tubuh yang kurang istirahat lebih mudah terserang penyakit.

Nah, tidak ada lagi cerita terlambat masuk zoom meeting karena bangun kesiangan, ya? Atur waktu dengan baik agar mampu melewati pandemi dengan produktif. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.