Berita Nasional Terpercaya

Anang Batas: New Normal Berarti New Strategi untuk Para Pekerja Seni Bertahan di Masa Pandemi

0

Bernas.id – Berbicara pada Simposium Virtual Republik UMKM Seri#7 Tetap Berkarya di Tengah Pandemi bagi Pekerja Seni dan Budaya, Anang Batas menyampaikan bahwa pandemi ini bukan hanya sekedar memulai kebiasaan baru. Komika yang terkenal dengan julukan Raja Plesetan ini menegaskan bahwa pekerja seni perlu memiliki strategi baru dalam bekerja di era ini. 

Anang melihat bahwa saat ini, pekerja seni dan budaya yang memiliki konsep yang tegas dan kuat untuk tetap berkarya adalah yang dapat bertahan. Anang melihat justru masa pandemi ini menjadi cara baginya untuk melihat kembali ke dalam dirinya. Apakah selama ini ia sudah memiliki konsep yang cukup kuat sehingga membuatnya bisa bertahan di dunia seni. 

Strategi baru yang disampaikan oleh Anang termasuk pada bagaimana pekerja seni dapat mencari format baru dalam melampiaskan energi artistiknya. Anang menyatakan bahwa selama ini banyak pekerja seni yang hanya melakukan rutinitas yang ada di zona nyaman. Tidak pernah mencoba format atau bentuk baru dalam berkarya dan akhirnya di masa pandemi ini menjadi kesulitan untuk berubah. 

Kebiasaan untuk peduli terhadap lingkungan juga menjadi hikmah tersendiri yang dirasakan oleh Anang selama berkarya di masa pandemi. Biasanya yang jika berangkat kerja tanpa memperhatikan sekitarnya, sekarang semenjak harus mengerjakan segala sesuatu dari rumah. Inspirasi yang biasa didapat dengan pergi jauh, sekarang ternyata banyak mendapatkan inspirasi dari lingkungan rumahnya yang dekat. 

Satu hal yang bisa diambil dari penjelasan Anang pada simposium tersebut adalah para pekerja seni harus terus berbuat sesuatu dan bergerak. Harus berani mencoba format baru dalam karyanya, dan harus berani mencari terobosan-terobosan yang terkadang tidak berkaitan sama sekali dengan seni yang biasa dilakukan. Dengan terus bergerak, Anang justru mendapatkan pengalaman-pengalaman yang menguatkan perjalanannya berkarya di masa pandemi ini. 

Anang bahkan melihat di masa pandemi ini, banyak kegiatan yang sudah dijadwalkan sebelumnya akhirnya dibatalkan, akhirnya mendorongnya untuk bergerak membuat lagu. Ide spontan dengan mengajak para MC maupun penulis ini mendapat sambutan baik dan akhirnya tercipta sebuah single berjudul, ?Aku Ra Lungo? yang dipublikasikan di kanal Youtube. 

Seperti yang disampaikan oleh pak Cahyadi sebagai ketua DPN ABDSI pada awal dimulainya simposium, bahwa pandemi ini jangan dilihat lagi sebagai musibah, tetapi sebagai momentum untuk berubah. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.