Berita Nasional Terpercaya

Meme Klepon Tidak Islami! Jajanan Pasar yang Mendadak Viral

0

BERNAS.ID – Klepon mendadak jadi viral karena disebut kue tidak Islami. Mulanya, ada sebuah unggahan foto dengan kata-kata atau biasanya disebut meme. Meme bertuliskan “Kue Klepon Tidak Islami. Yuk tinggalkan jajanan yang tidak islami dengan cara membeli jajanan yang islami, aneka kurma yang tersedia di toko syariah kami.”

Sontak unggahan itu memicu beragam tanggapan dari netizen. Termasuk netizen yang kembali mengunggahnya karena mempertanyakan keabsahan informasi dalam meme tersebut. Namun ada pula pengguna media sosial yang beramai-ramai memparodikan tentang klepon. #klepon menjadi trending topic di Twitter sejak Selasa (21/7/2020) kemarin hingga hari ini. 

Terlepas soal islami atau tidak, klepon merupakan kue tradisional Indonesia. Bentuknya seperti bola-bola kecill dan identik berwarna hijau. Dalamnya diisi irisan gula merah dan luarnya dibalur dengan kelapa parut. Rasa manis klepon begitu terasa nikmat saat digigit karena gula merahnya lumer di mulut. Klepon adalah kudapan yang dibuat dari tepung ketan dan campuran daun pandan. Warna hijaunya didapatkan dari daun suji. 

Rupanya klepon sudah ada sejak zaman Belanda, sekitar tahun 1950. Kue klepon banyak dijajakan di pasar-pasar tradisional sehingga kerap disebut sebagai jajanan pasar. 

“Alasannya klepon tdk islami sih apa?. Ini enak lo, Lo yg bikin pinter bisa muncrat di dalem.Paling endul klepon Malioboro yg ada di sekitaran Pasar Beringharjo. Jadi kangen Lo,semoga covid segera kelar & bisa makan klepon lagi. #kelepon #klepon,” cuit @RossyBmOgotan46

“Kebayang ga sih, klepon yg ga ada salah apa2 tb2 di bilang ga islami, dia dibuat oleh manusia dengan cinta dengan harapan rasa yg enak untuk lidah. dengan tekstur yg lembut dan rasa manis didalam nya. Sama kek manusia dibuat dengan cinta #klepon #klepontidakislami,” kicau @Acik_Icah.

Di balik tulisan kue klepon tidak Islami, makanan enak ini telah mewarnai aneka jajanan tradisional Indonesia. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.