Berita Nasional Terpercaya

Objek Wisata Mulai Buka, Ikuti 8 Tips Berwisata di Era New Normal

0

Bernas.id ? Pariwisata adalah bidang yang bisa dibilang paling terdampak akan pandemi COVID-19 ini. Di era new normal ini atau mulai memasuki masa adaptasi kebiasaan baru sektor pariwisata mulai menggeliat. Objek-objek wisata mulai buka dengan menerapkan protokol kesehatan. Wisatawan pun masih dibatasi untuk wisatawan lokal saja tidak menerima dari luar kota.

Selain itu, objek wisata yang mulai buka pun harus mendapat izin dulu dari gugus tugas dan dinas terkait. Meskipun kamu sudah boleh piknik dan berwisata, tentu kamu harus waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Inilah 8 tips beriwisata di era new normal.

1. Hindari Transportasi Umum

Jika akan berwisata sebaiknya kamu menghindari naik transportasi umum. Gunakan kendaraan pribadi untuk menghindari bersinggungan langsung dengan banyak orang. Sebaiknya cukup berwisata bersama keluarga dekat dulu dan tidak melakukan piknik rombongan. Saat berada di kendaraan pun jangan lupa untuk mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan usahakan tidak menyentuh permukaan kendaraan.

2. Lakukan Serba Online

Sebisa mungkin lakukan segala sesuatu yang berkaitan dengan wisata secara online. Untuk membeli tiket wisata dan melakukan transaksi pembayaran lainnya lakukanlah secara nontunai.

3. Jaga Kebersihan

Mungkin sebelumnya kamu tidak terlalu memperhatikan soal kebersihan. Namun, situasi saat ini bukanlah situasi normal. Bawalah hand sanitizer dengan alkohol minimal 60 persen. Selalu sediakan tisu basah dan tisu kering sehingga bisa langsung melakukan bersih-bersih jika diperlukan. Saat akan menyentuh benda-benda di lingkungan publik kamu bisa lap dulu dengan tisu basah dan setelahnya segera cuci tangan atau pakai hand sanitizer.

4. Bawa Bekal Makanan dan Minuman

Makan di restoran atau jajan di lokasi wisata masih memiliki risiko. Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah. Selain lebih sehat dan hemat kamu bisa meminimalisir inetraksi dengan banyak orang .

5. Duduk di Tempat Terbuka

Saat berwisata dan ada ruangan-ruangan tertutup maka pastikan kamu berada di ruangan terbuka yang memiliki sirkulasi udara cukup. Pilihlah objek wisata yang terbuka. Hindari tempat wisata seperti museum atau arena bermain anak yang tertutup.

6. Beli Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan sebelumnya hanya dibeli jika orang akan wisata ke luar negeri. Setelah adanya pandemi COVID-19 ini tidak ada salahnya kamu bekali diri dengan asuransi perjalanan juga saat wisata di dalam negeri.

Ada banyak pilihan asuransi perjalanan yang juga menyertakan diagnosis virus corona. Dengan demikian perjalananmu pun bakal lebih tenang.

7. Cari Fasilitas Tiket refund

Sebelum membeli tiket perjalanan, tiket masuk tempat wisata, atau tempat penginapan pilihlan yang menyediakan layanan gratis pembatalan atau pengembalian dana (refund).

Memang, tiket dengan fasilitas demikian harganya lebih mahal dari yang biasa namun layanan ini sangat berguna jika tiba-tiba tujuan wisata ada situasi di luar dugaan seperti pandemi, kerusuhan, atau bencana alam.

8. Bekali Diri dengan Informasi Selengkap Mungkin

Yang bisa menyelamatkan diri kita dari situasi yang di luar dugaan adalah pengetahuan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum memesan paket perjalanan wisata. Cari informasi sebanyak mungkin mengenai kondisi destinasi yang dituju.

Untuk situasi terkini, kamu juga harus tahu termasuk zona apakah tujuan wisata kamu. Beberapa destinasi wisata di Indonesia juga masih masuk zona merah karena tingginya kasus COVID-19. Untuk saat ini pilih dulu objek wisata lokal yang tidak terlalu jauh dari rumah. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.