Berita Nasional Terpercaya

Nuryadi dari Polindo Internasional, Menegaskan 6 Karakter Kewirausahaan yang Harus Dimiliki untuk Sukses Menjadi Pengusaha

0

Bernas.id – Menjadi pengusaha di abad ke 20 ini membutuhkan bukan hanya sekadar gelar dan kemampuan intelegensi saja. Adanya perubahan iklim dan terjadinya pandemi, membuat perekonomian turun drastis dan banyak pengusaha yang tidak siap. Dalam Simposium Virtual Republik ke-9 yang diselenggarakan oleh ABDSI, narasumber Nuryadi dari Polindo Indonesia memaparkan ada 6 karakter kewirausahaan yang harus dikembangkan pada diri calon pencari kerja atau wirausaha, berikut:

1. Visioner

Saat ini perkembangan informasi berjalan dengan sangat cepat dan banyak pengetahuan dan pekerjaan baru yang belum ada sebelumnya. Jika seorang pencari kerja atau calon wirausaha memiliki visi yang jelas, dan tidak hanya sekeadar ikut-ikutan, maka ia akan memiliki kelebihan dalam menentukan strategi dan taktik yang harus diambilnya. 

2. Rencana target

Karakter kewirausahaan yang harus ada adalah memiliki kebiasaan merencanakan target apa yang ingin dicapai. Seringkali, seseorang hanya mengucap ingin sukses, tetapi tidak menegaskan secara SMART (specific, measurable, achievable, realistic dan time bound). Sehingga akhirnya, tidak jelas arah gerak bisnis yang dilakukan. 

3. Keyakinan kuat

Seorang dengan karakter kewirausahaan yang baik, akan memiliki keyakinan dan jiwa yang kuat untuk menghadapi banyaknya keraguan yang ditujukan pada visi dan rencananya. Banyak yang akan bersikap skeptis, dan cenderung meremehkan. Sehingga, penting untuk memiliki keyakinan yang kuat atas visinya. 

4. Aksi nyata

Tentu saja, visi hanya akan jadi mimpi belka ketika rencana target tidak terlaksana dengan semestinya. Aksi nyata dan praktik, terus bergerak mencari peluang dan menjalin kerjasama berkolaborasi dengan berbagai pihak, akan mengantarkan kepada kesuksesan. 

5. Pantang menyerah

Menjalankan bisnis di masa pandemi itu suatu hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Belum ada yang bisa memberikan resep jitu yang menjamin sebuah rencana akan memperoleh keberhasilan, bahkan bisa justru banyak kegagalan yang terjadi. Seorang yang visioner biasanya akan paham, dan pantang untuk menyerah. Bahkan, bisa menikmati proses jatuh bangunnya jika sebuah rencana berhasil atau gagal dilakukan. 

6. Semangat belajar 

Mengingat banyak hal baru terjadi setiap saat di masa pandemi ini, maka kemampuan beradaptasi dan belajar hal-hal baru menjadi keharusan. Seorang wirausaha yang baik akan bersedia belajar dan tidak akan pernah merasa tidak perlu belajar karena memiliki jabatan tinggi di institusi atau perusahaan. 

Dengan memiliki keenam karakter kewirausahaan ini, maka seseorang akan tetap mampu terus berkarya dan berdaya walau terkungkung dan tidak bisa ke luar rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.