Berita Nasional Terpercaya

Pelaku Wisata DIY Khawatir Objek Wisata Ditutup Lagi

0

YOGYA, BERNAS.ID?Pelaku pariwisata di DIY mengkhawatirkan kasus Covid-19 yang mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir. Dikhawatirkan akibat meningkatnya kasus positif tersebut, kunjungan wisatawan kembali menurun, atau bahkan sampai dilakukan penutupan kembali objek wisata.

Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan, kondisi peningkatan kasus Covid-19 menunjukkan perlunya intensitas dan kontinuitas sosialisasi mengenai SOP dan protokoler kesehatan kepada masyarakat dan industri serta pelaku pariwisata. Agar semua bisa menjaga agar penularan Covid-19 dapat semakin ditekan penyebarannya di DIY.

?Kami khawatir wisata ditutup lagi. Seperti selalu saya ingatkan ke semua penyelenggara usaha pariwisata, personal risk itu ada di penyelenggara usaha, jadi wajib memastikan implementasi SOP tersebut dan mampu mengedukasi wisatawan agar SOP tersebut bisa terimplementasi dengan baik,? kata Bobby, Minggu (26/7/2020).

Menurut Bobby, Pemda DIY harus menegakkan aturan dari sisi hukum yang menjadikan tindakan pendisiplinan dari implementasi SOP dan protokoler kesehatan tersebut. Dari sisi industri sendiri juga akan lebih memperhatikan SOP dan protokoler.

Walau belum terlihat secara signifikan dampak peningkatan kasus positif terhadap kunjungan wisatawan, namun dikatakannya jika grafik ini semakin meningkat akan berdampak buruk.

?Bukan tidak mungkin DIY akan ditinggalkan oleh wisatawan karena kurang trustnya terhadap upaya penanganan Covid-19, maka dari itu kita semua berusaha kuat untuk menumbuhkan kepercayaan itu dengan memastikan implementasi SOP dan protokoler kesehatan dengan baik,? tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.