Berita Nasional Terpercaya

Sleman Launching Gedung Dekranasda untuk Bantu UMKM di Tengah Pandemi Covid-19

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Pandemi Covid-19 membuat sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mengalami penurunan, baik dari penjualan maupun produksi. Kondisi tersebut pun menjadi perhatian Pemerintah baik di pusat maupun daerah.

Pemerintah Kabupaten Sleman telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan jalan keluar bagi kondisi yang dihadapi UMKM di Kabupaten Sleman yang terdampak adanya Covid-19. Keseriusan Pemerintah Kabupaten dalam memulihkan perekonomian UMKM di wilayah Sleman direalisasikan dengan pre-launching peresmian Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sleman pada hari Rabu, (29/7/2020).

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan bahwa Keberadaan koperasi Gedung Dekranasda Kabupaten Sleman yang telah dibangun pada tahun 2019 dan disempurnakan pada tahun 2020 ditujukkan untuk mengoptimalkan peran dan program Dekranasda sleman  dalam mempromosikan produk-produk kerajinan dan Industri Kecil Menengah (IKM) Sleman.

?Pemerintah Kabupaten Sleman sangat serius untuk mempromosikan produk-produk kerajinan dan Industri Kecil Menengah (IKM) Sleman kepada masyarakat domestik maupun internasional,” ujarnya.

Menurut Sri Purnomo, Pre-Launching Gedung Dekranasda Sleman yang juga bertepatan dengan pembukaan pameran mebel, kerajinan dan batik tahun 2020 ini merupakan strategi dan juga bentuk sinergitas antara Pemerintah dan juga para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) dalam upaya untuk  mempercepat kebangkitan para pelaku IKM Sleman di era adaptasi kebiasaan baru ini.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan bahwa Gedung Dekranasda tersebut nantinya akan menjadi wadah dalam memaksimalkan pengembangan hasil produksi kerajinan khususnya di lingkungan wilayah kabupaten dan kerajinan nasional pada umumnya.

Kustini juga menuturkan untuk menunjang promosi produk kerajinan tersebut juga Dekranasda Sleman menggelar pameran virtual dimana produk yang ada di Gedung Dekranasda tersebut jangkauan lebih luas dan dapat melakukan transaksi secara online.

Pre-launching Gedung Dekranasda dan pembukaan pameran tersebut tidak hanya disambut antusias para pengrajin di Sleman, namun juga mendapatkan apresiasi dari Wakil Ketua Dekranasda DIY, Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X mengatakan bahwa Pre-launching Gedung Dekranasda dan pembukaan pameran yang diselenggarakan oleh Dekranasda Sleman merupakan suatu komitmen dalam upaya meningkatkan perkembangan kerajinan di Sleman dan DIY.

Menurut Gusti Kanjeng Bendara Raden Ayu (GKBRAy) Adipati Paku Alam X, pandemi yang telah menyebabkan melambatnya perkembangan ekonomi bagian sebagian orang menjadi motivasi dalam berkreasi. Sebagai dukungan terhadap kreasi para pengrajin, Pemerintah juga telah memberikan sarana yang dapat dimanfaatkan bagi promosi dan pengembangan kerajinan  di Sleman, salah satunya dengan adanya Gedung Dekranasda Sleman.

?Saya berharap sarana ini dapat dikelola dengan sebaik-baiknya untuk mendorong kemajuan kerajinan khususnya di wilayah Sleman DIY,? katanya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.