Berita Nasional Terpercaya

Perkenalkan Gombloh, Sapi Kurban Sumbangan Presiden Jokowi untuk Jogja

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Inilah Gombloh, nama seekor sapi jenis Simmental dengan bobot lebih dari satu ton. Ia adalah salah satu dari dua ekor sapi sumbangan Presiden Jokowi yang akan dikurbankan pada Hari Raya Iduladha, Jumat (31/7/2020) besok.

Gombloh akan dikurbankan di Istana Negara Yogyakarta. Sementara satu ekor sapi sumbangan presiden lainnya yang berasal dari Sleman akan dikurbankan di Masjid Al Iman Kalibawang Kulonprogo.

Bersama tujuh ekor sapi lokal sumbangan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, kedua sapi tersebut dikumpulkan di Kantor Kepatihan DIY, Kamis (30/7/2020) pagi. Secara simbolis, oleh Wakil Gubernur DIY Paku Alam X, sapi diserahkan kepada pihak penerima masing-masing. Ketujuh sapi lokal diberikan ke berbagai masjid di DIY.

Gombloh sendiri adalah sapi yang berasal dari Sedayu Bantul. Rika Daru Efendi, sang pemilik sapi merasa bangga, karena sapi jantan berumur 3,5 tahun yang sudah dipeliharanya selama sekitar dua tahun dipilih untuk dibeli presiden.

“Katanya ini baru pertama kali sapi dari Bantul terpilih,” kata Rika.

Ia menerangkan, sebelumnya Gombloh pernah ikut kontes sapi di Pasar Grabag Magelang dan menjadi juara kelima. Semenjak itu, banyak yang mulai melirik Gombloh, termasuk dari Pemda Bantul, yang akhirnya menominasikan Gombloh sebagai sapi kurban pilihan presiden.

“Sangat bangga karena bisa dipilih dari Kabupaten Bantul oleh orang nomor satu di Indonesia,” katanya.

Rika mengaku sebenarnya masih ingin memelihara Gombloh untuk sekitar satu tahun lagi. Namun karena permintaan pemda setempat, iapun susah menolak. Gombloh pun dijual dengan nilai Rp. 87 juta.

“Saya sayang sekali sama Gombloh ini. sebenarnya sedih juga, saya sampai sempat nangis,” katanya.

Rasa sayangnya kepada Gombloh menurutnya diungkapkan dengan banyak-banyak memberi makan. Menu makan Gombloh menurutnya adalah ampas tahu, ketela, saprofit, dan rumput atau jerami kering.

Tak lupa, Rika juga rutin memandikan Gombloh, paling tidak seminggu tiga kali. Dan setelah dinyatakan bakal dibeli oleh presiden,  Gombloh dimandikannya tiap hari.

Meski sedih berpisah dengan Gombloh, Rika mengaku masih memiliki seekor sapi lagi yang lebih muda dan lebih kecil ukurannya dibanding Gombloh. Ia akan merawat sapi itu seperti ia merawat Gombloh.

“Ya kalau nanti dibeli Bapak Presiden lagi akan saya ikhlaskan juga,” katanya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.