Berita Nasional Terpercaya

Belajar dari Kasus PS Store, Berikut 4 Ciri Ponsel Ilegal

0

Bernas.id ? Baru-baru ini viral kasus sebuah toko ponsel PS Store yang digerebek polisi karena kedapatan menjual ponsel ilegal. Pemilik toko, Putera Siregar terpaksa ditangkap, puluhan ponsel pun disita karena menurut bea cukai semua ponsel tersebut ilegal.

Agar tidak tertipu dengan ponsel harga murah namun ternyata barang ilegal, berikut 4 ciri yang bisa kamu deteksi.

1. Stiker IMEI di Kardus

Pertama yang harus kamu periksa saat membeli ponsel adalah ada stiker IMEI di kardus ponsel. Jika ada keterangan “Dirakit di Indonesia” atau “Diproduksi di Indonesia” maka dapat dipastikan ponsel itu bergaransi resmi.

2. Ponsel Ilegal Tak Terdaftar di Situs Cek IMEI

Setiap ponsel  yang resmi atau legal memiliki IMEI yang terdaftar di basis data Kemenperin. Kamu bisa melakukan pengecekan di situs Cek IMEI (https://imei.kemenperin.go.id/).

Untuk mengecek IMEI ponsel, bisa dilihat pada dus perangkat atau dengan menekan *#06# di ponsel. Ada lagi cara lain yaitu dengan mengklik Settings – Cari About Phone (Tentang Ponsel) – Cari kode IMEI untuk ponsel Samsung.

Kode IMEI ini kadang tersembunyi di menu lainnya. Misalnya, pada ponsel Xiaomi, pengguna bisa mencari di settings – Cari About Phone – Status ? Kode IMEI. Untuk mengecek IMEI di iPhone, bisa dilakukan dengan mengklik Setting (Pengaturan)> General (Umum)> About, nomor IMEI tertera di laman tersebut.

3. Ponsel Ilegal Tak Dapat Akses Jaringan Seluler

Saat membeli ponsel, pembeli biasanya meminta penjual langsung menguji masing-masing slot kartu SIM di ponsel. Jika ponsel langsung mendapat sinyal seluler, maka ponsel tersebut dipastikan merupakan ponsel legal.

4. Ponsel Legal Punya Garansi Resmi

Ponsel legal tentu saja mempunyai garansi resmi bukan garansi toko atau garansi distributor. Garansi resmi adalah ponsel mendapatkan garansi dari produsen atau pemegang merek. Istilah garansi resmi juga lazim dipakai untuk ponsel yang digaransi oleh mitra distributor resmi produsen.

Dengan ada garansi resmi maka jika ada kerusakan ponsel kamu tinggal membawa ponsel ke pusat servis resmi sesuai merek ponsel kamu.

Jangan lagi tergiur ponsel keren, harga murah, tapi ternyata barang ilegal. Lebih baik kamu membeli ponsel di gerai resmi dan pastikan kamu perhatikan ciri-ciri ponsel ilegal seperti yang disebutkan di atas. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.