Berita Nasional Terpercaya

Dianggap Berhasil Berdayakan Masyarakat, Kepala BKKBN Terima Gelar Doktor dari UNY

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Kepala BKKBN, dr Hasto Wardoyo, SpOG(K) menerima anugerah gelar Doktor Kehormatan “Honoris Causa” bidang Teknologi dan Pemberdayaan Masyarakat Vokasional dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Hasto dianggap UNY berhasil atas peran strategisnya dalam mengaplikasikan pengetahuan, data, sains, dan teknologi sebagai dasar dalam pembangunan.

Agenda penganugerahan gelar doktor kepada mantan Bupati Kulonprogo ini digelar di Auditorium UNY Sleman, Sabtu (1/8/2020) pagi. Penganugerahan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Prof Dr Sutrisna Wibawa, MPd selaku Rektor UNY dan pembuat SK penganugerahan gelar kehormatan, berharap Kepala BKKBN akan terus berdedikasi dan berkomitmen dalam pengembangan masyarakat vokasional berbasis teknologi unggul. Ilmu vokasi juga dapat berkembang lebih luas, melibatkan multi disiplin dan komponen pemerintahan, serta terus berkembang dan relevan untuk pembangunan masyarakat.

?Praksis penerapan teknologi dan ilmu pengetahuan untuk pembangunan, layaknya sudah dilakukan Hasto Wardoyo, harus terus dikuatkan, ditularkan, dan senantiasa dikembangkan sehingga bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat. Pak Hasto adalah satu tokoh langka yang selama kepemimpinannya selalu menggunakan data dan teknologi sebagai acuan pengambilan kebijakan,? ujar Sutrisna.

Sedangkan, Prof Moch Bruri Triyono selaku promotor mengatakan jika dilacak dari rekam jejak Hasto Wardoyo di dalam menggeluti dunia pemberdayaan masyarakat vokasional selama ini, tampak perspektif keberpihakan pada ekonomi pancasila, menghadirkan pendidikan dalam peran sosialnya untuk pemberdayaan masyarakat, membangun dan memajukan bangsa. ?Promovendus (sebutan untuk calon penerima gelar honoris causa-red) menggerakan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup masyarakat sebagai dorongan ideologis. Terutama dalam bidang vokasional serta kemampuan kreativitas dan inovasinya,? jelasnya.

Salah satu terobosan cerdas Dokter Hasto seperti Tomira (Toko Milik Rakyat) sebagai ikon warung kerakyatan di Kulon Progo difungsikan sebagai salah satu pintu masuk transformasi ekonomi mikro dan pendidikan vokasi. Menurut UNY, terobosan ini merupakan realisasi ekonomi Pancasila yang mengedepankan kedaulatan ekonomi di tangan rakyat dan basis pendidikan vokasi di Kulon Progo. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.