Berita Nasional Terpercaya

Capai 92 Persen, Dinkes Bantul: Kasus Konfirmasi Mayoritas OTG

0

BANTUL, BERNAS.ID – Penularan virus corona dari orang tanpa gejala (OTG) terus terjadi di tengah masyarakat. Dinas Kesehatan Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencatat 92 persen dari total kasus konfirmasi positif Covid-19 di daerah tersebut merupakan OTG. Pasien yang positif terinfeksi virus corona itu tidak menunjukkan gejala-gejala atau ciri-ciri terinfeksi virus itu. 

“Dari kasus positif sampai dengan saat ini catatan kita sekitar 92 persen itu OTG, yang lain ada komorbid, ada yang hipertensi, ada yang jantung, ada penyakit paru lain, itu yang tercatat pada kita,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bantul Sri Wahyu Joko Santosa di Bantul, Sabtu (1/8/2020) sebagaimana dikutip dari Antara.

Berdasarkan informasi yang diumumkan Dinkes Bantul, keseluruhan kasus konfirmasi di Kabupaten Bantul mencapai 245 orang, 125 orang di antaranya sembuh dan 6 orang meninggal dunia. Ia menjelaskan mayoritas kasus konfirmasi tanpa gejala itu ditemukan setelah adanya serangkaian tes masif baik rapid test baik rapid diagnostic test massal, maupun tes swab PCR.  Adapun rapid test tersebut menyasar tenaga kesehatan dan pelaku perjalanan dari daerah risiko tinggi penyebaran Covid-19.

Sri Wahyu menyebutkan pasien positif Covid-19 dengan riwayat perjalanan dari luar DIY sekitar 40 persen dari keseluruhan kasus konfirmasi. 

“Namun (kasus positif) yang 60 persen itu bukan berarti riwayat yang lain, itu tidak. Tetapi 60 persen ini mereka yang kontak erat dengan pelaku perjalanannya (yang kemudian positif) atau transmisi lokal, jadi dia tertular dari yang 40 persen itu,” papar  Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantul itu. 

Sebelum dikonfirmasi positif Covid-19, para pelaku perjalanan itu melakukan kontak dekat dengan keluarga, teman, tetangga. Dari situlah kasus konfirmasi tanpa gejala atau OTG berkembang menjadi lebih banyak lagi. Ia mengakui bahwa penyebaran virus corona bukan hanya melihat dari mana dia berasal karena cukup sulit mendeteksi apakah dari dari zona merah atau daerah lainnya. Kemungkinan infeksi virus corona juga bisa terjadi saat perjalanan menuju ke DIY. 

Sementara itu, kasus konfirmasi keseluruhan di DIY mencapai 741 orang dengan angka kesembuhan 410 orang dan 21 orang meninggal dunia. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.