Berita Nasional Terpercaya

5 Tips Jitu Bangkitkan Semangat Setelah Santai Libur Akhir Pekan

0

Bernas.id – Jeda akhir pekan selalu dimanfaatkan untuk menghabiskan waktu untuk diri sendiri, teman-teman, dan keluarga. Berbagai aktivitas dilakukan dari mulai liburan ringan atau sekadar istirahat sambil melakukan hobi di rumah. Terkadang, aktivitas saat akhir pekan justru tidak membuat kita kembali semangat bekerja tapi justru malas menjelang hari Senin.

Sebuah penelitian sains menyebutkan bahwa suasana tak menyenangkan itu biasa dikenal dengan istilah Post Vacation Blues. Penjelasannya adalah post vacation blues adalah bagian dari fase emosional yang umum dirasakan seseorang setelah menjalani masa liburan panjang dan memisahkannya dari rutinitas harian. Hal itu ditimbulkan karena kontradiksi masa liburan dan aktivitas harian.

Dilansir filemagz.com. Joanna Gutral, psikolog dari SWPS University of Social Sciences and Humanities membagikan tips yang bisa kamu coba untuk belajar mengatasi Post Vacation Blues.Nah, agar akhir pekanmu seru dan semangatmu tetap terjaga menjelang kembali beraktivitas, kamu bisa mencoba 5 tips berikut.

1.Menerima dan Bersiap Mengalami Stres

Setiap orang pernah mengalami post vacation blues dan itu adalah hal yang normal. Cara terbaik untuk mengatasi Post Vacation Blues adalah bahwa hidup memiliki banyak sisi. Oleh karena itu, kamu belajar menyadari bahwa kesedihan dan kebahagiaan adalah bagian yang pasti dilalui dalam hidup.

2.Berikan Jeda Waktu yang Cukup

Jangan menghabiskan keseluruhan waktu libur untuk liburan. Sisakan 1-2 hari untuk beristirahat di rumah dan mempersiapkan diri untuk masuk kuliah atau kerja lagi. Jika liburannya hanya akhir pekan maka kamu bisa menyusun jadwal untuk berlibur dari jumat sore hingga sabtu malam misalnya. Dengan demikian, kamu akan memiliki waktu untuk beristirahat dan beradaptasi.

3. Siapkan Waktu Istirahat yang Cukup

Jika di libur akhir pekan kamu akan bepergian cukup jauh maka perhitungkan waktu agar kamu punya waktu cukup untuk istirahat. Setalah sampai di rumah, jangan menunda untuk membereskan barang-barang. Setelah itu, kamu akan bisa beristirahat dengan tenang dan tidak merasakan kelelahan di hari berikutnya.

4. Kembali Menjalani Aktivitas Rutin secara Perlahan

Hari Senin memang bisa dibilang awal untuk memulai pekerjaan selama sepekan ke depan. Biasanya, kamu akan meneliti kembali apakah ada email, surat, atau telepon yang harus segera kamu balas. Untuk anak kuliah, biasanya ada janji dengan dosen untuk bimbingan, kegiatan kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Mulailah melakukan itu semua secara perlahan. Oleh karena itu, bangun lebih pagi di hari Senin akan membuatmu lebih siap untuk menjalani hari.

5. Rencanakan Liburan Selanjutnya

Merencanakan akhir pekan depan hendak melakukan apa ternyata bisa menjadi penyemangat untuk beraktivitas kembali. Riset menyebutkan bahwa seseorang merasa paling bahagia dan bersemangat saat fase perencanaan dan persiapan liburan. Oleh karena itu, cara efektif untuk mengatasi perasaan negatif akibat post vacation blues adalah kembali merencanakan liburan. Jadi, tetap semangat untuk jelang hari Senin, ya.

Bagi kamu yang ingin menghabiskan sisa akhir pekan dengan menjalani hobi berselancar di dunia maya, tidak ada salahnya kamu isi dengan aktivitas yang bermanfaat. Kunjungilah https://bernas.info/MentoringDigitalMarketing untuk belajar tentang strategi mendapatkan uang lewat digital marketing. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.