Berita Nasional Terpercaya

Festival Langen Carito, Populerkan Seni Tradisi Anak di Masa Pandemi

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Sleman melalui Dinas Kebudayaan menyelenggarakan Festival Langen Carito tingkat kabupaten 2020, mulai hari Sabtu (1/8/2020) sampai Minggu (2/8/2020) di Gedung kesenian sleman di Denggung. Festival Langen Carito merupakan sebuah pementasan cerita (teater) yang berupa gabungan tarian dan tembang diiringi seperangkat gamelan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman Aji Wulantara mengatakan ada 17 kontingen dari Kabupaten Sleman yang mengikuti Festival Langen Carito diikuti 17 kontingen se-Kabupaten Sleman. “Selain itu untuk meningkatkan apresiasi masyarakat, menumbuhkan kreativitas, dan gagasan menarik tentang Langen Carito di tengah budaya masyarakat, serta untuk mempopulerkan kembali seni tradisi agar tidak musnah,” jelasnya, Minggu (2/8/2020).

Aji mengatakan penyelenggaraan festival pelaksanaannya menerapkan protokol kesehatan. “Harapannya, di masa pandemi, festival ini bisa menciptakan iklim kreatif bagi pengembangan seni tradisi khususnya di Kabupaten Sleman,” ujarnya.

“Kegiatan ini juga diharapkan menjadi tontonan yang menarik bagi anak-anak dirumah sehingga tidak hanya main game saja,” imbuhnya.

Aji mengatakan festival ini dibiayai dengan Dana Kestimewaan dan dapat disiarkan secara live streaming melalui kanal Youtube Dinas Kebudayaan Sleman. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.