Berita Nasional Terpercaya

Antisipasi Membeludaknya Kasus Konfirmasi Usai Pelantikan Gubernur, Kepri Lakukan Ini

0

BERNAS.ID – Kasus konfirmasi positif Covid-19 mengalami peningkatan di Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini terjadi usai seremoni pelantikan Gubernur Isdianto. Setidaknya, 40 orang yang menghadiri acara tepuk tepung tawar pelantikan Gubernur Kepri di Gedung Daerah pada Selasa, 28 Juli 2020 lalu, terkonfirmasi positif Covid-19. 

Humas Tim Bersatu Lawan Covid-19 Kepri- Batam Iskandar Zulkarnaen menjelaskan 40 orang terkonfirmasi positif setelah tes swab itu meliputi dua orang dari Kabupaten Karimun, satu orang dari Batam, 30 orang dari Tanjungpinang dan tujuh orang dari Kabupaten Bintan.

Padahal sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Isdianto dan keluarganya termasuk pejabat di lingkungan Pemprov Kepri diperiksa secara ketat sebelum masuk ke Istana Negara, Senin (27/7/2020). Tim kesehatan di Istana Negara mengambil sampel lendir dari tubuh mereka untuk memastikan tidak tertular Covid-19. Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana memastikan Isdianto negatif Covid-19 saat dilantik di Istana Jakarta. 

“Di Istana Negara itu prosedurnya sangat ketat. Isdianto negatif Covid-19 saat dilantik berdasarkan hasil pemeriksaan dengan metode PCR,” ungkapnya pada Sabtu (1/8/2020).

Sementara itu, Rosmeri memang tidak mendampingi suaminya dilantik Presiden Jokowi tetapi bukan karena positif Covid-19. “Bu Rosmeri itu tidak ikut acara pelantikan bukan karena positif atau reaktif Covid-19, melainkan karena kakinya terkilir,” ungkap Tjetjep Yudiana. 

Sebelum kembali ke Kepri, rombongan Gubernur, termasuk para ajudan dan staf protokol makan di suatu tempat di Jakarta. Selanjutnya, dugaan kuat terkait penularan virus corona itu saat acara seremoni penyambutan Isdianto di Tanjungpinang. Saat penyambutan, protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pun diabaikan. Mereka tidak hanya bersalaman tetapi juga berpelukan dan cium pipi kiri dan kanan. 

590 orang dites

Pelaksana Tugas Direktur Utama RSUP Kepri Elfiani Sandri menyampaikan sebanyak 590 orang yang kontak erat dengan Gubernur Isdianto melakukan tes swab di posko RSUP Kepri untuk memastikan tertular Covid-19 atau tidak. Hasilnya, 40 orang terkonfirmasi positif Covid-19. Para pejabat yang hadir pada acara penyambutan itu pun menyesal tidak menerapkan protokol kesehatan. Termasuk Tjetjep Yudiana sempat bersalaman, namun hasil tes swab negatif Covid-19. 

Lebih lanjut, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menambah ruang karantina untuk mengantisipasi membeludaknya jumlah pasien Covid-19 di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Penambahan ini dilakukan karena jumlah orang yang kontak erat dengan Gubernur Kepri Isdianto dan belasan staf yang positif Covid-19. Bahkan, berdasarkan hasil penelusuran tenaga kesehatan cukup banyak yang kontak erat dengan Gubernur Isdianto. 

Selain Asrama Haji dan Asrama di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), Pemprov Kepri juga mempersiapkan puluhan kamar di salah satu hotel di Tanjungpinang sebagai ruang karantina. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.