Berita Nasional Terpercaya

Ledakan Dahsyat Meluluhlantakkan Kota Beirut

0

Sebuah ledakan yang sangat dahsyat terjadi di Beirut pada hari Selasa (04/08/2020) petang waktu setempat. Ledakan terjadi dua kali, sebagaimana dilaporkan oleh Reuters. Ledakan pertama menyebabkan asap pekat membumbung tinggi disertai letupan-letupan api dan kebakaran hebat yang diperkirakan terjadi di sebuah gudang di area pelabuhan. Ledakan kedua terjadi lebih dahsyat yang menyebabkan terjadinya gelombang kejut dan asap cendawan sehingga menyebabkan kerusahakan masif pada bangunan di sekitarnya.

Seperti dapat dilihat dalam video yang tersebar secara daring, ledakan tersebut menghancurkan bangunan yang ada dalam radius beberapa kilometer dari pusat ledakan. 

“saya melihat asap yang tinggi, kemudian disusul ledakan yang terdengar sangat keras dengan getaran yang kuat menghancurkan semuanya. Gedung bergetar hebat, kaca-kaca pecah, mobil bergelimpangan. Sangat mengerikan,” demikian kesaksian warga Beirut kepada Reuters.

Otoritas kota sendiri belum memberikan keterangan resmi tentang penyebab kejadian tersebut, sementara Menteri Kesehatan, Hamal Hasan menyampaikan bahwa banyak jatuh korban luka dan sementara ini 10 orang dinyatakan meninggal, namun pihaknya belum dapat menentukan apakah jumlahnya akan bertambah atau tidak.

“Banyak korban yang terjepit bangunan roboh. Kami saat ini telah meminta semua rumah sakit untuk siaga menangani korban,” imbuhnya

Beirut atau bayrut merupakan ibukota negara Lebanon yang sekaligus merupakan kota terbesar di negara tersebut. Lokasi ledakan merupakan kawasan pergudangan yang banyak terdapat di lokasi pelabuhan tersebut. “Ledakan diduga berasal dari gudang tempat menyimpan bahan peledak yang sedang disita,” demikian penjelasan Abbas Ibrahim Direktur Keamanan Nasional Lebanon.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.