Berita Nasional Terpercaya

Oknum Kepala Mandor Otaki Pencurian Besi di Proyek Pembangunan

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Bukannya memberikan contoh yang baik kepada bawahannya, AF, warga Pogung Kidul Sinduadi Mlati Sleman justru mengajak keenam rekannya EP, THY, NE, AS, AR dan RK untuk mencuri besi ulir beton di proyek pembangunan di Jalan Lingkar Barat Fakultas Teknik UGM. Keenam rekannya tersebut ada tiga yang berprofesi sebagai pekerja bangunan dan tiga lagi sebagai petugas keamanan.

Kapolsek Mlati, Sleman Kompol Hariyanto mengatakan dari informasi para saksi dan hasil penyelidikan, petugas berhasil mengindentifikasikan keberadaan dan menangkap para pelaku.”Empat pelaku kami tangkap di sekitar lokasi proyek pada tanggal 17 Juli 2020  dan tiga pelaku lainnya di Semarang pada tanggal 21 Juli 2020,? kata Hariyanto, Rabu (5/8/2020).

Dalam menjalankan aksinya, lanjut Kompol Hariyanto, para pelaku memiliki peran yang berbeda. “Ada yang mengawasi situasi, ada yang memotong besi, menaikan besi ke mobil dan menjual. Aksi pencurian besi dilakukan pada malam hari dan melakukan pencurian besi  sejak bulan Mei dan hingga akhir Juni 2020, telah mencuri sebanyak 5 kali,” bebernya.

“Motif, semata-mata ekonomi,” imbuhnya.

Dari aksinya pencurian itu, Kompol Hariyanto menyebut perusahaan proyek harus menanggung kerugian sekitar Rp 130 juta rupiah. Besi-besi ulir tersebut dijual secara langsung kepada pengecer di Yogyakarta. Uang penjual dibagi sesuai dengan peran dan keterlibat dalam melakukan aksi tersebut.

Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa nota pembelian dan tanda terima material, satu unit mobil, serta 10 potong besi berbagai ukuran. ?Para tersangka akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara,? tutupnya. (jat)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.