Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Buka Kunci Ponsel Jika Lupa PIN, Password, dan Kata Sandi

0

BERNAS.ID ? Beberapa orang merasa lebih nyaman dan aman ketika smartphone-nya dilengkapi dengan PIN, password, atau pola. Dengan demikian, smartphone terlindungi dari orang-orang iseng yang hendak membuka dan membaca isi smartphone.

Namun, adanya PIN, password, atau pola di smartphone juga bisa menjadi bumerang saat kamu lupa kodenya. Ada beberapa metode untuk membuka smartphone jika lupa membuka kunci khususnya pada perangkat Android. Metode ini juga akan bisa bekerja pada beberapa versi Android terbaru.

Berikut ini adalah 5 cara membuka smartphone yang sudah lupa PIN, password, atau polanya

1. Buka Find My Device (untuk versi Android 2.3 dan lebih tinggi)

Cara pertama ini adalah yang paling sederhana untuk bisa kembali mendapatkan akses ke smartphone jika lupa kode PIN.

Cukup buka browser di komputer dan masuk ke situs Find my Device Google, masukkan akun Google lalu pilih perangkat mana yang terhubung ke akun tersebut.

Kemudian ketuk 'Lock' atau Kunci. Setelah mengunci handphone dengan kode baru maka akan menimpa kode yang sudah lupa. Dengan menggunakan Find My Device, Anda dapat membuka smartphone lagi.

2. Gunakan Smart Lock (Android 5.0 ke atas)

Versi Android yang lebih baru memiliki tingkat keamanan yang lebih ketat daripada versi lama (bisa dibuka dengan akun Google).

Fitur Smart Lock di versi Android terbaru memungkinkan pengguna membuka handphone secara otomatis dalam kondisi tertentu, seperti ketika terhubung ke jaringan Wifi.

Sayangnya, fitur ini hanya bisa digunakan ketika smartphone masih bisa dibuka. Smart Lock bisa digunakan jika sudah mengaktifkannya terlebih dahulu.

3. Opsi Keamanan Pihak Ketiga

Beberapa produsen smartphone sering menggabungkan software ke dalam perangkat seperti Find My Mobile dari Samsung. Fitur-fitur tersebut bisa berguna jika lupa membuka kunci, tetapi Anda harus sudah mengaturnya terlebih dahulu. Kunjungi situs web yang sesuai dari perangkat Anda dan telah menyediakan opsi keamanan pihak ketiga.

4. Gunakan Akun Google (Android 4.4 atau lebih rendah)

Cara ini digunakan untuk membuka notifikasi ketika handphone sudah berulang-ulang memasukkan pola atau password yang salah.

– Coba buka pola beberapa kali.

-Setelah upaya kelima, handphone akan terkunci, maka ada opsi di bagian bawah layar yang bertuliskan 'Lupa Pola. Klik tombol tersebut.

– Kemudian masuk ke Akun Google (sesuai yang ada di perangkat).

– Setelah dikonfirmasi dengan Akun Google, Anda dapat memilih PIN, pola, kunci yang baru dan bisa membuka kunci 

5. Pilihan Terakhir: Reset Pabrik

Jika semua cara tidak bisa dilakukan, opsi terakhir adalah melakukan reset pabrik. Tetapi perlu diperhatikan, cara ini akan menghapus semua data di perangkat Anda.

Metode melakukan reset pabrik berbeda pada setiap perangkat, tetapi biasanya bisa dilakukan dengan menekan serta menahan tombol power dan volume ketika perangkat Anda dimatikan.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.