Berita Nasional Terpercaya

Menteri Teten: Keju Sleman Tidak Kalah dengan Keju Impor

0

SLEMAN, BERNAS. ID – Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan ke Kecamatan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini merupakan rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan UKM RI ke wilayah DIY dan Jawa Tengah.

Pada kesempatan pertama, Teten meninjau pengelolaan peternakan sapi perah di KUD Sapi Merapi Sejahtera (Samesta), di Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau produksi keju milik Mazaraat Cheese di Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Menteri Teten pada kesempatan tersebut juga sempat mencicipi keju produksi Mazaraat Cheese di Desa Wukirsari. Ia berpendapat keju tersebut tidak kalah dengan keju impor, bahkan telah berstandar internasional, bahkan menurutnya produksi keju di Kabupaten Sleman sangat potensial untuk mampu bersaing di pasar dunia.

Ia pun akan mendorong agar pemerintah daerah bersama pengusaha untuk memperhatikan kualitas dan ketersediaan pasokan bahan baku berupa susu tersebut. ?Ini kan kaitannya dengan gaya hidup dari masyarakat kelas menengah Indonesia meningkat 30 persen setiap tahunnya. Selain itu, quality of living terkait makanan sehat sekarang ini kan jadi trend,” ucap Teten.

Ia mengatakan bahan baku susu beserta produk keju selama ini masih impor dari luar. Namun, di masa pandemi seperti saat ini, kegiatan impor susu dan keju pun turut terhambat. Untuk itu, ia berharap di momen saat ini dapat menjadi peluang bagi produsen  susu dan keju lokal untuk memenuhi permintaan konsumen di dalam negeri.

Sedangkan, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman ke depannya akan terus mendorong dan memberikan pembinaan koperasi di Kabupaten Sleman agar KUD Samesta dapat memberikan supply susu sapi yang baik dan berkualitas sebagai bahan baku produksi keju.

?Saya percaya ke depan kebutuhan keju di Indonesia akan meningkat. Dan saya berharap salah satunya dari lereng merapi ini, ? ujarnya. (Jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.