Berita Nasional Terpercaya

Sejumlah Persoalan Mengemuka dalam Kunjungan DPD RI di Cangkringan Sleman

0

SLEMAN, BERNAS.ID – Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) melakukan sosialisasi lembaga dan penyerapan aspirasi sebagai masukan pada pemerintah pusat di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan pada Kamis (6/8/2020). Rombongan anggota DPD RI dipimpin Gusti Kanjeng Ratu Hemas.

Dalam serap aspirasi ini terdapat beberapa pembahasan seperti permasalahan sulitnya akses internet yang saat ini digunakan untuk media pembelajaran daring di tengah wabah Covid-19 serta akses jalur evakuasi di wilayah Cangkringan yang rusak.

Terkait wabah Covid-19, GKR Hemas berpesan warga Cangkringan untuk tetap waspada  namun jangan sampai menimbulkan ketakutan berlebih. ?Virus ini bisa kita cegah, jangan sampai takut terus. Kalau takut terus mau bekerjanya kapan,? kata GKR Hemas.

Tidak dipungkiri pandemi Covid-19 ini menurutnya juga berpengaruh pada masalah pendidikan. Dimana pendidikan saat ini harus dilakukan melalui daring. ?Padahal tidak semua desa atau kabupaten itu bisa menangkap sinyal dengan cukup baik,? katanya.

Ia mengaku sangat setuju agar sekolah segera dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan. ?Saya ikut mendorong dibukanya sekolah secepat mungkin karena ini mempengaruhi kehidupan anak kita di masa yang akan datang,? kata GKR Hemas.

Sedangkan, Bupati Sleman, Sri Purnomo terkait jalur evakuasi mengatakan sangat dibutuhkan dalam rangka efektivitas dan kelancaran proses evakuasi saat terjadi bencana erupsi Gunung Merapi. Untuk itu, Pemkab Sleman melalui SK Bupati No. 82.10/Kep.KDH/A/2019 telah menetapkan jalur evakuasi bencana erupsi Gunung Api Merapi di tiga kecamatan yaitu Turi, Pakem dan Cangringan.

Sri juga menyampaikan untuk membangun kembali daerah pasca bencana tidaklah mudah. “Perlu perencanaan yang matang dan dana yang besar serta menuntut keterlibatan penuh warga masyarakat yang tinggal di area tersebut,” katanya. (jat

Leave A Reply

Your email address will not be published.