Berita Nasional Terpercaya

Dekati 119 Ribu Kasus Konfirmasi Covid-19, Wiku Sebut 8 Daerah Masih Zona Merah

0

BERNAS.ID – Kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia masih terus mengalami penambahan setiap harinya. Total orang yang terinfeksi virus corona mencapai 118.753 orang setelah bertambah 1.882 orang pada Kamis (6/8/2020). 

Dikutip Bernas.Id dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19, www.covid-19.go.id, pasien positif Covid-19 yang telah sembuh bertambah 1.756 orang, kini jumlahnya menjadi 75.645 orang. Sedangkan, kasus konfirmasi yang meninggal dunia bertambah 69 orang sehingga totalnya 5.521 orang. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan masih ada kabupaten/kota zona merah Covid-19 yang tidak mengalami perubahan dalam sebulan terakhir.

“Sebanyak delapan kabupaten/kota zona merah tanpa perubahan dalam empat pekan atau sebulan terakhir,” ungkap Prof. Wiku Adisasmito dalam konferensi pers secara virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Kedelapan daerah tersebut, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Semarang, Banjar Baru, Banjar, Tabalong, Deli Serdang dan Medan. Ia pun meminta para kepala daerah untuk memerhatikan penanganan pandemi Covid-19 di masing-masing daerah. Selain itu, melaporkan datanya kepada Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. Penerapan protokol kesehatan menjadi suatu keharusan demi mengendalikan penyebaran virus corona. 

“Agar menjadi perhatian kepada seluruh masyarakat di delapan kabupaten/kota jangan lelah untuk menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker. Karena ini satu-satunya cara untuk bisa mengendalikan kasus,” tegasnya. 

Dari evaluasi tersebut, Jubir Satgas Wiku Adisasmito berharap penanganan Covid-19 delapan kabupaten maupun kota itu bisa meningkat lebih baik pada pekan-pekan berikutnya.

“Jadi jangan lelah untuk menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan jaga cara, cuci tangan dan pakai masker karena ini adalah satu-satunya cara kita untuk bisa mengendalikan kasus pada saat ini,” tandas Wiku. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.