Berita Nasional Terpercaya

Belum Ada Kandidat Vaksin Covid-19 yang Lulus Uji, Ini Pesan Jubir Satgas

0

BERNAS.ID – Adanya pandemi Covid-19, memicu berbagai negara meneliti dan menciptakan vaksin. Indonesia yang memiliki jumlah penduduk mencapai 270 juta jiwa pun turut berpartisipasi menciptakan vaksin Covid-19 tersebut. Vaksin merupakan salah cara untuk melindungi orang-orang dari infeksi virus corona. 

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di Indonesia, Wiku Adisasmito menyampaikan negara-negara di dunia tengah berlomba menciptakan vaksin Covid-19. Disampaikan Wiku, setidaknya ada 139 kandida vaksin Covid-19 masuk preklinis. Meski begitu, tidak semuanya bisa masuk pada tahap siap uji. 

“Jadi baru 25 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 1, ada 17 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 2, dan ada 7 kandidat vaksin berproses di uji klinis tahap 3,” ungkap Wiku saat jumpa pers daring dari Istana Negara, Kamis (6/8/2020).

Wiku yang juga seorang ahli dalam penanggulangan penyakit infeksi menegaskan dari 7 vaksin yang masuk ke tahap pengujian tahap ketiga, belum ada satu pun di dunia yang sudah lulus uji klinis. Indonesia pun juga harus berjuang aga bisa menciptakan vaksin Covid-19 sendiri. 

“Semua negara masih berusaha keras untuk mendapatkan atau menghasilkan vaksin tak terkecuali Indonesia,” pungkasnya. 

Sebelumnya, Wiku menuturkan jangan menanyakan pandemi Covid-19 kapan berakhir. Ia kembali mengingatkan bahwa virus corona merupakan virus yang berbahaya dan mudah menular kepada siapa saja. Saat ini yang perlu dilakukan adalah mencegah penularan Covid-19.

“Kalau ada yang bertanya kapan pandemi ini berakhir, lebih baik kita bertanya kapan diri kita bisa disiplin pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak,” ujarnya. 

Perubahan perilaku hidup sehat dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi kunci melawan Covid-19 sebelum adanya vaksin Covid-19. Meskipun nantinya sudah ada vaksin, masyarakat juga tetap harus waspada dan melanjutkan kebiasaan hidup sehat. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.