Berita Nasional Terpercaya

5 Kegiatan Wajib yang Harus Kamu Lakukan Saat Jadi Mahasiswa

0

BERNAS.ID – Menjadi mahasiswa adalah salah satu momen dalam hidup yang cukup berkesan. Menjalani peran sebagai mahasiswa berarti, hidup sebagai manusia yang bebas namun bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

Banyak peluang yang hanya bisa kamu temui saat memiliki status mahasiswa. Kamu bisa memperkaya pengalaman hidup serta memperluas wawasanmu demi menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Inilah 5 kegiatan yang sebaiknya diikuti oleh para mahasiswa, agar waktunya bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia.

1.Ikut Lomba, Baik Berskala Internasional maupun Nasional

Ikutilah lomba atau kompetisi baik berskala internasional maupu nasional, seperti Program kreativitas mahasiswa (PKM), Lomba desain kapal, Lomba robot atau bahkan lomba business plan. Mengikuti lomba bisa memberikan banyak manfaat serta pengalaman baru kepada kehidupanmu.

2.Kembangkan Bakat dan Minat Melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Ikutilah unit kegiatam mahasiswa (UKM) karena banyak kampus yang memfasilitasi mahasiswanya dengan beragam unit kegiatan. Tujuannya tentu untuk mengembangkan minat serta bakat dalam dirinya diluar dari bidang akademik.

Ikut UKM bisa menambah pertemanan, pengalaman-pengalaman baru seperti memimpin sebuah tim, merancang acara atau bahkan mencoba hal-hal baru yang berkaitan dengan hobi, dapat kalian rasakan selama berkecimpung kedalam dunia kegiatan mahasiswa.

3. Bergabung ke Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)

Himpunan mahasiswa adalah organisasi jurusan yang mempertemukan mahasiswa dengan jurusan yang sama kedalam sebuah organisasi.

Dengan aktif di HMJ adalah bisa memperdalam soft skill dengan berbagai kegiatan kepemipinan kalian juga bisa merancang kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan jurusanmu, seperti pameran karya, atau mengadakan seminar-seminar berskala Internasional.

4.Ikuti Kegiatan Volunteering

Kegiatan volunteering mulai memiliki banyak peminat. Jumlah kegiatan semakin hari semakin bertambah terutama untuk kalangan mahasiswa. Kamu bisa ikut volunteering yang diadakan oleh organisasi ataupun yayasan seperti Indonesia mengajar, atau kementerian dalam lingkup pemerintah.

5. Merintis Karir Wirausaha

Pengusaha-pengusaha hebat  banyak yang merintis usahanya sejak masih menjadi mahasiswa. Sebut saja CEO bukalapak yang mulai metintis perusahaannya semenjak duduk dibangku kuliah.

Saat menjadi mahasiswa adalah kesempatan untuk membuka usaha terbuka lebar. Status sebagai mahasiswa sangat tepat untuk mengembangkan ide-ide bisnis baru yang kreatif dan berbeda dengan pasar.

Selain itu,  program-program wirausaha yang ditujukan kepada mahasiswa seperti PKM dan Program mahasiswa wirausaha yang membantu memberikan modal kepada bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa. Momentum ini sangat cocok bagi para mahasiswa untuk memulai wirausaha semenjak berkuliah.

Salah satu kampus yang mendukung mahasiswanya untuk menjadi pengusaha sejak mahasiswa adalah Universitas Mahakarya Asia yang terletak di jalan Magelang kilometer 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Kampus ini merupakan gabungan (merger) dari empat kampus terpercaya di Indonesia yaitu AMIK AKMI Baturaja (Sumatera Selatan), STMIK Mahakarya Jakarta, STIEBBANK Yogyakarta, dan AKPAR Buana Wisata Yogyakarta. Empat kampus yang sangat support terhadap technopreneur

Tentu akan menjadi sebuah universitas yang luar biasa jika empat perguruan tinggi berkualitas di atas digabung menjadi satu. Sudah pasti berbagai keunggulan akan diperoleh mahasiswa yang belajar di Kampus Mahakarya. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama Kampus Mahakarya. Kamu bisa mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di sini. (snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.