Berita Nasional Terpercaya

5 Cara Agar Kinerja Tim Lebih Kuat dan Dapat Hasil Lebih Baik

0

BERNAS.ID ? Bekerja dalam tim membutuhkan kerja sama dan toleransi tinggi. Sikap egoisme dan individualisme tidak akan membuat tim bekerja dengan baik. Bekerja secara tim harus siap untuk menghasilkan ide dan membuat keputusan secara bersama dan bukan individu.

Oleh karena itu, memperkuat kerja tim dalam sebuah perusahaan merupakan faktor yang penting.

Berikut ini 5 cara agar konerja tim lebih kuat dan mendapatkan hasil yang baik seperti dikutip dari koinworks.com

1.Memperbarui Tujuan

Tujuan yang sama adalah faktor penting agar tim bisa bekerja dengan kompak. Jangan sampai, tujuan tidak jelas sehingga kinerja tim pun kurang. Meskipun setiap anggota tim memiliki tugas yang berbeda, kalian tetap harus meningkatkan tujuan bersama yang akan dicapai.

2. Temukan Contoh Perusahaan yang Memotivasi

Role model itu perlu. Kamu dan tim perlu mencontoh perusahaan yang sudah besar sebelumnya untuk dijadikan motivasi. Sebagai contoh, kamu bisa meniru dan memodifikasi kinerja tim dari perusahaan lain. Tujuannya tentu untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

3.Miliki Pesaing atau Kompetitor

Kompetitor atau pesaing itu tidak selalu merugikan perusahaan kamu. Justru, adanya kompetitor bisa menjadi cambuk untuk meningkatkan kualitas produk dan pekayanan.

Jika kompetitormu kuat maka kamu cukup pelajari apa saja yang mereka lakukan dan berikan tantangan kepada anggota tim untuk bisa mengungguli mereka.

Persaingan yang ada akan menciptakan alat yang bisa merangsang energi dan kreativitas anggota tim.

4.Tingkatkan Kualitas dan Keterampilan Anggota Tim

Anggota Tim adalah aset yang paling berharga. Maka berinvestasi pada anggota tim adalah hal yang penting untuk dilakukan. Anggota tim yang memiliki banyak keterampilan akan meningkatkan pula pendapatan perusahaan.

Ajak tim untuk berdiskusi dan mengikuti berbagai seminar untuk meningkatkan kapasitas diri. Diskusi dengan anggota tim akan meningkatkan pengembangan ide dan solusi.

Misalnya saja dengan mengikuti pelatihan teknis, pelatihan public speaking, atau keterampilan lain yang berhubungan dengan peningkatkan kinerja tim.

5.Mengembangkan Lingkungan untuk Memecahkan Masalah

Masalah yang terjadi di dalam perusahaan selesaikan dengan bekerja sama dengan anggota tim. Misalnya saja, adanya peluncuran produk baru dari pesaing yang bisa menimbulkan ancaman. Kamu bisa mendorong tim untuk mengembangkan solusi terhadap masalah yang sedang dihadapi. Diskusi akan memebuat penyelesaian masalah berjalan baik.

Dengan menerapkan 5 langkah atau cara di atas, semoga kamu bisa memperkuat kinerja tim perusahaan kamu.(snt)

Leave A Reply

Your email address will not be published.