Berita Nasional Terpercaya

Kemampuan Testing Covid-19, Jubir: DKI yang Memenuhi Standar WHO

0

BERNAS.ID – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyadari bahwa kemampuan tes deteksi Covid-19 di Indonesia memang belum merata. Menurutnya, DKI Jakarta yang memiliki kemampuan testing tertinggi dibandingkan provinsi lainnya. 

“Kita perlu sadari kemampuan daerah memang bervariasi dari daerah satu ke daerah lainnya,” terang Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (11/8/2020) dikutip Bernas.Id. 

Diungkapkan Wiku, DKI Jakarta memiliki kemampuan yang lebih baik dibanding provinsi dari segi laboratorium maupun jumlah sumber daya manusia (SDM). Wajar jika kasus konfirmasi positif Covid-19 di Jakarta banyak ditemukan. Bahkan, kini menjadi provinsi dengan kasus konfirmasi Covid-19 tertinggi di Indonesia. 

“Sehingga mereka (DKI Jakarta) bisa menemukan kasus lebih banyak, tes lebih banyak, sehingga bisa memenuhi atau melebihi standar dari WHO,” imbuhnya.

Kendati begitu, daerah lainnya telah berupaya menangani pandemi Covid-19 dengan meningkatkan testing Covid-19. Pihaknya berharap provinsi lain bisa meniru kemampuan testing Covid-19 yang dicapai DKI Jakarta. Sebelumnya, WHO telah menetapkan standar jumlah tes PCR adalah 1.000 orang per 1 juta penduduk per minggu.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menyampaikan penambahan kasus konfirmasi di Jakarta masih terus bertambah karena pihaknya gencar melakukan pemeriksaan spesimen (testing) dan pelacakan kontak (tracing).

“Kami menerapkan strategi yang sama dengan pemerintah tingkat pusat, yakni testing, lacak kontak, dan isolasi. kami melakukan testing secara masif melalui dua strategi pendekatan,” ungkapnya di Media Center Satgas Covid-19, Graha BNPB, Jakarta. (mta)

Leave A Reply

Your email address will not be published.