Berita Nasional Terpercaya

Kini Pojok Baca Cantika Hadir di Klenteng Poncowinatan

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Layanan literasi masyarakat melalui pojok baca terus dikembangkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, kali ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta menjalin kerjasama dengan pengurus Klenteng Tjen Ling Kiong atau Klenteng Poncowinatan.

Pojok baca yang dihadirkan di komplek peribadatan pemeluk agama Konghucu tersebut diberi nama Cantika (Cintai Membaca di Klenteng Poncowinatan).

Dalam pojok baca tersebut tertata jajaran buku-buku bacaan seperti majalah, tabloid yang tertata rapi di rak kayu menjadi penanda perekat keberagaman yang ada.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menjelaskan bahwa Kota Yogyakarta telah menyandang predikat sebagai sebagai kota budaya, kota pendidikan, dan juga kota pariwisata.

“Predikat tersebut merupakan representasi atas realitas yang ada di Kota Yogyakarta. Representasi atas realitas ini hendak ditunjukkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, salah satunya melalui upaya peningkatan literasi kepada masyarakat Kota Yogyakarta,” ujarnya, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya proses belajar diawali dengan membaca, kemampuan membaca akan membawa terwujudnya masyarakat pembelajar (learning society).

“Membaca juga dapat dilakukan dimana saja tanpa batasan tempat dan juga waktu, begitu pula aktivitas berdoa dan belajar dapat seiring sejalan dan saling menguatkan satu sama lain,” terangnya

Ia berharap dengan adanya pojok baca tersebut dapat memberikan berbagai informasi sehingga para pembaca akan terbuka dengan gagasan-gagasan baru.

“Harapannya, selain akan lebih memperluas jangkauan, budaya gemar membaca di wilayah Kota Yogyakarta juga akan mendukung pembangunan Kota Yogyakarta sebagai Smart City,” jelasnya

Sebelumnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta telah menjalin kerjasama dengan rumah ibadah lainnya, seperti pojok baca Doroti (Doa dan Iqro di Masjid untuk peningkataan literasi) di masjid Pangeran Diponegoro komplek Balaikota Yogyakarta, juga pojok baca Camelia (pojok baca di Gereja Mergangsan untuk meningkatkan literasi). (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.